PENGARUH DEMOGRAPHIC DIVERSITY DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN


Hermi Yuliana Putri, NIM 7311416013 (2020) PENGARUH DEMOGRAPHIC DIVERSITY DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DEMOGRAPHIC DIVERSITY DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN] PDF (PENGARUH DEMOGRAPHIC DIVERSITY DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Keberagaman Gender, Keberagaman Kebangsaan, Keberagaman Latar Belakang Pendidikan. Laba merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dapat dijadikan sebagai tolok ukur kinerja perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh keberagaman demografis dewan direksi terhadap kinerja perusahaan. Keberagaman demografis pada penelitian ini terdiri dari keberagaman gender, keberagaman latar belakang pendidikan, dan keberagaman kebangsaan. Jenis penelitian ini yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 97 perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 40 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan yang diperoleh dari web resmi Bursa Efek Indonesia dan web resmi masing-masing perusahaan keuangan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda pada data panel dengan pendekatan random effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberagaman gender dewan direksi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan, keberagaman latar belakang pendidikan dewan direksi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan dan keberagaman kebangsaan dewan direksi berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keberagaman latar belakang pendidikan dan keberagaman kebangsaan dewan direksi mempengaruhi kinerja perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel diversitas dari aspek yang lain dan menambah variabel kontrol misalnya firm size, board size, dan lain-lain untuk memperkuat kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen. Bagi perusahaan sebaiknya memperhatikan latar belakang pendidikan pada saat penentuan susunan dewan direksi. Bagi investor yang akan menanamkan modalnya di perusahaan sebaiknya mempertimbangkan latar belakang pendidikan dewan direksi untuk mengetahui kinerja perusahaan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Keberagaman Gender, Keberagaman Kebangsaan, Keberagaman Latar Belakang Pendidikan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:31
Last Modified: 13 Sep 2021 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46075

Actions (login required)

View Item View Item