MODEL PENGEMBANGAN ALAT BEPS (BALANCE,EXPLOSION POWER,STRENGTH) DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Muhammad Wildan Ramadhani, 6101416108 (2020) MODEL PENGEMBANGAN ALAT BEPS (BALANCE,EXPLOSION POWER,STRENGTH) DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN ALAT BEPS (BALANCE,EXPLOSION POWER,STRENGTH) DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA] PDF (MODEL PENGEMBANGAN ALAT BEPS (BALANCE,EXPLOSION POWER,STRENGTH) DALAM PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Penjas di sekolah berkaitan dengan ruang lingkup salah satunya aktivitas pengembangan. Aktivitas pengembangan di implementasikan dengan pembelajaran akivitas kebugaran jasmani di sekolah. Kenyaatan di sekolah bahwa kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani kemudian belum adanya modifikasi alat yang menunjang pembelajaran aktifitas kebugaran jasmani. Oleh karena itu tujuan pembelajaran pun tidak dapat tercapai secara optimal di sisi lain siswa cenderung merasa jenuh dan tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani.Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk alat BEPSuntuk pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian sebagai berikut :1) Potensi dan masalah, 2) iipengumpulan data, ii3) Desain produk, 4) Validasi desainii (1 ahli Penjas dan 2 ahli Pembelajaran), 5) Revisi Desain, 6) Uji coba skala kecil (30 siswa), 7) Revisi produk, 8) Ujicoba skala besar (90siswa), 9) Revisi produk, 10) Produksi masal yang menghasilkan produkalat BEPS(Balance, Explosion Power, Strength)dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani untuk siswa sekolah menengah pertama. Hasil validasi ahli produk awal penelitian didapatkan rata-rata (84%) sangat baik, dengan beberapa revisi seperti penambahan pengkait pada bagian bawah penampang besi dan kain pada bagian atas besi. Kemudian produk di uji cobakan skala kecil dengan hasil rata-rata 87% (sangat baik). Setelah itu produk di revisi oleh ahli dan dinyatakandapat digunakan. Kemudian produk di uji coba skala besar dengan hasil rata-rata 90% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, alat BEPS(Balance, Explosion Power, Strength) dapat digunakan sebagai model pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani disekolah. Saran bagi guru penjas, diharapkan dapat memanfaatkan alat ini untuk pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani agar dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan paham dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model, Pengembangan,Alat BEPS, Kebugaran Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:36
Last Modified: 13 Sep 2021 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46074

Actions (login required)

View Item View Item