PENGARUH DIVERSITAS GENDER, DEWAN DIREKSI, DEWAN KOMISARIS, KOMISARIS INDEPENDEN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN


Rehgita Ayu Lestari, NIM 7311416012 (2021) PENGARUH DIVERSITAS GENDER, DEWAN DIREKSI, DEWAN KOMISARIS, KOMISARIS INDEPENDEN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DIVERSITAS GENDER, DEWAN DIREKSI, DEWAN KOMISARIS, KOMISARIS INDEPENDEN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN] PDF (PENGARUH DIVERSITAS GENDER, DEWAN DIREKSI, DEWAN KOMISARIS, KOMISARIS INDEPENDEN DAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Diversitas Gender, Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Modal Intelektual. Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan persaingan dan inovasi yang ketat dalam segi ekonomi dan bisnis. Kondisi tersebut menuntut perusahaan untuk mengoptimalkan pengelolaan internal untuk menciptakan keunggulan bersaing dan nilai yang baik bagi perusahaan. Salah satu aspek yang mencerminkan pengelolaan tersebut dapat dilihat dari kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan diartikan sebagai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba operasi dari aset yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diversitas gender, dewan direksi, dewan komisaris, komisaris independen, dan modal intelektual terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam berbagai pengambilan keputusan dalam perusahaan serta dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling, sebanyak 40 perusahaan terpilih sebagai sampel dengan jumlah 200 observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah anaisis regresi dengan pendekatan fixed effect model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dewan direksi, proporsi komisaris independen, dan modal intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan diversitas gender dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Saran yang diberikan adalah bagi investor dan perusahaan harus memperhatikan variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja perusahaan seperti dewan direksi, proporsi dewan komisaris independen dan modal intelektual sebagai bahan pertimbangan untuk menilai kinerja perusahaan. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya, variabel diversitas gender dapat diukur menggunakan proksi lain seperti blau index atau lain sebagainya. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat menambahkan variabel independen lain yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan seperti political connection, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Diversitas Gender, Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Modal Intelektual.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:28
Last Modified: 13 Sep 2021 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46072

Actions (login required)

View Item View Item