MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA DENGAN LAMPU LALU LINTAS SMART GOAL


Yosafat Kristanto, 5301415043 (2020) MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA DENGAN LAMPU LALU LINTAS SMART GOAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA DENGAN LAMPU LALU LINTAS SMART GOAL] PDF (MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA DENGAN LAMPU LALU LINTAS SMART GOAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Smart GOAL sendiri merupakan solusi dalam penanganan masalah kemacetan yang terjadi pada ruas jalan. Secara garis besar Smart GOAL (Gesture On Automatic Light) akan mendeteksi sekaligus mengatur timer pada traffic light sesuai dengan tingkat kemacetan yang terjadi pada tiap ruas jalan. Smart GOAL menggunakan sistem kendali lampu lalu lintas berdasarkan deteksi seberapa banyak kendaraan yang mengantri disuatu jalur menggunakan sensor infrared. Sensor ini terdiri dari pengirim cahaya infrared dan penerimanya. yang memancarkan cahaya tak tampak oleh mata. Untuk penerima cahaya tersebut, digunakan photodiode. Photodiode ini akan menangkap cahaya infrared yang dipancarkan oleh LED infrared. Jika ada objek yang menutupi jalur cahaya infrared, maka photodiode tidak bekerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode rekayasa (engginering). Peneliti menggunakan sensor inframerah dan photodiode. Pengolahan data menggunakan Arduino Mega2560 dengan software Arduino IDE, keluaran berupa lama waktu hidup LED Hijau. Set point temperatur yang diinginkan pada SMART GOAL adalah mengatasi kemacetan dengan merubah sistim waktu pada lampu lalu lintas secara langsung melalui kepadatan ditiap ruas jalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Smart Goal,Photodiode,Iinfrared, Kemacetan.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:25
Last Modified: 13 Sep 2021 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46071

Actions (login required)

View Item View Item