PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI PADA KLUB DPU PATI TAHUN 2020


Erlina Puji Apriyanti, 6101416105 (2020) PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI PADA KLUB DPU PATI TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI PADA KLUB DPU PATI TAHUN 2020] PDF (PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI PADA KLUB DPU PATI TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembinaan disebuah cabang olahraga membutuhkan organisasi dan program yang sudah dibuat untuk mengatur segala kegiatan dan membantu atlet untuk meraih prestasi setinggi-tingginya. Pengelolaan di klub DPU Pati masih kurang optimal karena minimnya SDM pengurus, kelengkapan sarana dan prasarana yang masih minim karena minimnya anggaran dana, serta kurangnya jam terbang latihan pada klub sehingga masih kurang optimal dalam perancanaan program latihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemassalan, pembibitan, dan pencapaian prestasi dalam pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pada klub DPU Pati tahun 2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Klub DPU Pati yang berada di Jl. Panglima Sudirman No.66, Pati Kidul, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Responden dalam penelitian ini adalah atlet sebanyak 6 orang, pengurus 1 orang dan pelatih sebanyak 2 orang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian diperoleh informasi bahwa (1) tahap pemassalan pada Klub DPU Pati sudah berjalan dengan baik, karena ada strategi pemassalan yang dilakukan secara langsung melalui kejuaraan setiap setahun sekali dan pertandingan persahabatan, (2) tahap pembibitan pada Klub DPU Pati sudah berjalan dengan baik, karena ada pengelompokkan umur yang berjenjang dan bersifat terbuka, kemudian beberapa bulan kemudian baru diadakan seleksi mandiri dan dikelompokkan sesuai kategori umur, (3) pencapaian prestasi yang ada di Klub DPU Pati sudah termasuk baik, karena setiap mengikuti kejuaraan Klub DPU Pati selalu membawa pulang juara, meskipun belum bisa mempertahankan juara I. Faktor – faktor yang mempengaruhi tercapainya sebuah prestasi pada Klub DPU Pati juga sudah termasuk baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pada klub DPU Pati tahun 2020 sudah terlaksana dengan baik namun beberapa faktor yang masih menghambatnya yaitu sarana yang digunakan belum maksimal. Saran yang dapat diberikan yaitu pihak Klub DPU Pati hendaknya dapat menindaklanjuti, misalnya dengan pembenahan pada lapangan latihan, kejuaraan setiap setahun sekali agar ditambah lagi tidak hanya setahun sekali, para pengurus agar lebih bisa membagi waktu untuk pengawasan atlet dalam menjalankan sesi latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Pembinaan Prestasi, Bola Voli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:25
Last Modified: 13 Sep 2021 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46070

Actions (login required)

View Item View Item