PURWARUPA ALAT BANTU TERAPI BAGI PASIEN PASCA STROKE BERBASIS PNEUMATIK


Aditia Adventa, 5301415039 (2020) PURWARUPA ALAT BANTU TERAPI BAGI PASIEN PASCA STROKE BERBASIS PNEUMATIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PURWARUPA ALAT BANTU TERAPI BAGI PASIEN PASCA STROKE BERBASIS PNEUMATIK] PDF (PURWARUPA ALAT BANTU TERAPI BAGI PASIEN PASCA STROKE BERBASIS PNEUMATIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2020 dengan judul Purwarupa Alat Bantu Terapi bagi Pasien Pasca Stroke Berbasis Pneumatik,. Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia, karena akibat yang ditimbulkan dapat menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan. Pasien yang mengalami kelumpuhan perlu dilakukan rehabilitasi oleh fisioterapis atau dokter untuk mengembalikan fungsi gerak motorik tubuh, seiring tingginya jumlah pasien stroke di Indonesia, maka kebutuhan rehabilitasi dan tenaga medis bagi pasien pasca stroke semakin meningkat, oleh karena itu dengan perkembangan teknologi, maka berkembang pula penelitian mengenai alat yang dapat membantu pasien pasca stroke dalam melakukan rehabilitasi. Penelitian ini mencoba mengembangkan purwarupa alat bantu terapi dengan tenaga penggerak pneumatik yang didesain dalam bentuk kursi dan berfokus pada terapi anggota gerak seperti pergelangan tangan, siku, lengan serta kaki, untuk dilakukan gerakan terapi berupa gerakan naik dan turun pada sumbu Y. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan one shot case study dimana purwarupa alat akan diuji kelayakan fungsinya dengan memberikan beban dari responden dan keterangan dari ahli kesehatan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa purwarupa alat bantu terapi bagi pasien pasca stroke berbasis pneumatik mampu berfungsi untuk melakukan gerakan terapi pada beban responden 1, 2 dan 3 dan dengan kriteria bahwa alat dapat bekerja optimal dari tekanan 4 bar hingga 8 bar dan menurut ahli, secara prinsip alat dapat berfungsi untuk membantu terapi mengembalikan fungsi motorik pasien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pasca stroke, Purwarupa, Pneumatik, Alat bantu, Terapi
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:21
Last Modified: 13 Sep 2021 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46069

Actions (login required)

View Item View Item