PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI INNOVATION CAPABILITY


Nurul Azizah, 7311416006 (2021) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI INNOVATION CAPABILITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI INNOVATION CAPABILITY] PDF (PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN MARKETING CAPABILITY TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI INNOVATION CAPABILITY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Competitive Advantage, Knowledge Management, Marketing Capability, dan Innovation Capability. Competitive advantage merupakan sejauh mana posisi perusahaan agar dapat bersaing serta memiliki atau menghasilkan produk atau jasa yang berbeda dan unik sehingga tidak dapat ditiru oleh pesaing serta menawarkan nilai konsumen yang lebih baik dari pada pesaingnya untuk menjadi pemimpin pasar dan memperoleh keuntungan yang lebih.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh knowledge management dan marketing capability terhadap competitive advantage melalui innovation capability Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelaku usaha konveksi di Kabupaten Jepara yang berjumlah 631 pelaku usaha konveksi pada tahun 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonrobability Sampling dan metode pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Jadi sampel yang digunakan berdsarkan perhitungan slovin yaitu ada 103 pelaku usaha yang dijadikan responden. Responden adalah pemilik/pengelola usaha konveksi, pengambilan sampel diprioritaskan pada IKM yang melakukan pengelolaan usahanya mulai dari proses pemilihan bahan atau kainnya hingga memasarkan produknya. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage, marketing capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage, innovation capability tidak berpengaruh terhadap competitive advantage. Innovtion capability mampu bertindak sebagai mediasi. Dimana variabel knowledge management dan marketing capability berpengaruh terhadap competitive advantage melalui innovation capability. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian yaitu Knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage. Marketing capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage. Knowledge management dan marketing capbility berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage melalui innovation capability. Innovation capability mampu memediasi pengaruh knowledge management dan marketing capability terhadap competitive advantage. Pada situasi pandemi saat ini saran bagi perusahaan yang telah maju yaitu untuk dapat mengikuti webinar sehingga dapat menambah pengetahuan lebih luas lagi. selain itu bagi pelaku usaha lainnya diharapkan mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkan media sosial atau internet untuk memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Competitive Advantage, Knowledge Management, Marketing Capability, dan Innovation Capability.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:18
Last Modified: 13 Sep 2021 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46068

Actions (login required)

View Item View Item