SISTEM PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI (FINGERPRINT) TIPE TTL (GT-521F32)


Fredi Prastiyo, 5301415025 (2020) SISTEM PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI (FINGERPRINT) TIPE TTL (GT-521F32). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SISTEM PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI (FINGERPRINT) TIPE TTL (GT-521F32)] PDF (SISTEM PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI (FINGERPRINT) TIPE TTL (GT-521F32)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kriminalitas perampokan rumah menyebabkan kekhawatiran masyarakat tentang keamanan lingkungan sekitar rumah, kunci konvensional memperbesar kemungkinan terjadinya perampokan. Tujuan penelitian ini merancang sistem pengaman pintu rumah dengan desain yang sederhana dan mudah dalam pengoperasian menggunakan teknologi fingerprint yang lebih aman dari kunci konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah trial and error, yang terdiri dari empat tahapan. Tahap pertama adalah perancangan, yang kedua pembuatan, dan yang ketiga implementasi, dan yang terakhir pengujian yang meliputi, pengujian luas bidang baca, dan performa dari fingerprint, selanjutya dilakukan pengumpulan data dan analisis data untuk mengetahui performa dari pengaman pintu rumah dengan (Fingerprint) Tipe TTL (GT-521F32). Hasil penelitian berupa alat Sistem Pengaman Pintu Rumah Menggunakan Sensor Sidik Jari (Fingerprint) Tipe TTL (GT-521F32) yang dibangun menggunakan Arduino. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa sistem kontrol stabil dengan tercapainya kecepatan pembacaan <1,5 detik untuk penggunaan memori <40% dari total penyimpanan, dan sebaliknya sistem cenderung tidak stabil dengan penurunan keakuratan dan waktu identifikasi >1,5 detik pada penggunaan memori >40% dari total penyimpanan. Pengujian sensor fingerprint terhadap bidang baca menunjukan bahwa fingerprint tidak bekerja maksimal pada keterbacaan sensor <75% dan bekerja maksimal pada luas bidang keterbacaan >75%. Untuk penelitian selanjutnya ditambah cadangan daya untuk membantu pengunaan pada sistem pengendali disaat catu daya mati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fingerprint, ADH-Tech, TTL (GT-521F32), Pengaman Rumah
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:11
Last Modified: 13 Sep 2021 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46063

Actions (login required)

View Item View Item