MOTIVASI KEHADIRAN SUPORTER PEREMPUAN DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA LIGA 1


David Robby Johan, 6101416100 (2020) MOTIVASI KEHADIRAN SUPORTER PEREMPUAN DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA LIGA 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MOTIVASI KEHADIRAN SUPORTER PEREMPUAN DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA LIGA 1] PDF (MOTIVASI KEHADIRAN SUPORTER PEREMPUAN DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA LIGA 1) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Meski tidak ada perlakuan khusus dan sering terjadinya tawuran, suporter perempuan masih banyak yang datang menyaksikan pertandingan sepakbola di liga 1. Tujuan penelitian untuk mengetahui motivasi yang mendorong suporter perempuan dalam mendukung klub sepakbola pada pertandingan liga 1. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi guna mendapatkan gambaran awal penelitian, wawancara dengan delapan puluh tiga informan, lima puluh tujuh informan utama dua puluh satu informan pendukung dan lima sebagai informan triangulasi, dokumentasi berupa foto KTA. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan rasa aman, kebutuhan soisial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri terpenuhi dalam memotivasi perempuan menghadiri pertandingan, sedangkan kebutuhan fisiologis tidak terpenuhi. Kebutuhan yang paling dominan dalam memotivasi perempuan yaitu kebutuhan sosial, karena adanya rasa cinta terhadap klub kebanggaan. Dapat disimpulkan dari lima aspek motivasi dalam mendorong perempuan menghadiri pertandingan ada empat yang terpenuhi yaitu aspek kebutuhan rasa aman, sosial, akan penghargaan, aktualisasi diri. Kebutuhan fisiologis tidak termasuk didalamnya karena tidak terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan anggota suporter dapat meningkatkan jiwa sosial dan saling menjaga antar sesama kelompok suporter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Suporter Perempuan, Kelompok Suporter, Sepakbola Liga 1.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:11
Last Modified: 13 Sep 2021 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46062

Actions (login required)

View Item View Item