PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN DEWAN DIREKSI TERHADAP STRUKTUR MODAL


Uvi Anah Safaat, NIM 7311416004 (2020) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN DEWAN DIREKSI TERHADAP STRUKTUR MODAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN DEWAN DIREKSI TERHADAP STRUKTUR MODAL] PDF (PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN DEWAN DIREKSI TERHADAP STRUKTUR MODAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Struktur Modal, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Direki. Struktur modal merupakan hasil perimbangan modal sendiri dan hutang yang digunakan untuk pembelanjaan perusahaan. Struktur modal diukur dengan menggunakan DER. Terdapat inkonsistensi dari penelitian terdahulu mengenai struktur modal yang menimbulkan kesenjangan penelitian, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, ukuran perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, kepemilikan institusional dan ukuran dewan direksi terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018. Penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Didapatkan sampel sebanyak 13 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder laporan keuangan perusahaan agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan pendekatan fixed effect model melalui aplikasi eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur aktiva berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal, ukuran perusahaan berpengaruuh positif tidak signifikan terhadap struktur modal, profitabilitas berpengaruh positif tidak sigifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal, kepemilikan institusional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal, ukuran dewan direksi berpengaruh negatif tidak shignifikan terhadap struktur modal. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini bisa dijadikan untuk bahan referensi untuk penelitian dengan tema yang serupa. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas populasi penelitian tidak hanya terbatas pada perusahaan agrikultur dan menambahkan variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap struktur modal berdasarkan tren yang terjadi, sehingga dapat menghasilkan gambaran yang lebih maksimaml, lebih luas dan lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Struktur Modal, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Direki.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:09
Last Modified: 13 Sep 2021 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46061

Actions (login required)

View Item View Item