RANCANG BANGUN INVERTER SATU FASA DENGAN SPWM (SINUSOIDAL PULSE WIDTH MODULATION) PADA BEBAN MOTOR INDUKSI SATU FASA


Seftriana Anifa Khusniasari, 5301415012 (2020) RANCANG BANGUN INVERTER SATU FASA DENGAN SPWM (SINUSOIDAL PULSE WIDTH MODULATION) PADA BEBAN MOTOR INDUKSI SATU FASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RANCANG BANGUN INVERTER SATU FASA DENGAN SPWM (SINUSOIDAL PULSE WIDTH MODULATION) PADA BEBAN MOTOR INDUKSI SATU FASA] PDF (RANCANG BANGUN INVERTER SATU FASA DENGAN SPWM (SINUSOIDAL PULSE WIDTH MODULATION) PADA BEBAN MOTOR INDUKSI SATU FASA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada sistem pembangkit energi listrik menggunakan energi terbarukan, inverter merupakan komponen utama untuk mengubah tegangan searah atau DC menjadi tegangan bolak balik atau AC. Inverter banyak dipakai dalam sistem tenaga listrik, peralatan rumah tangga, transportasi, industri, kedirgantaraan dan bidang lainya. Bentuk gelombang keluaran dari inverter idealnya adalah sinusoidal namun kenyataan yang ditemukan tidak dan masih mengandung harmonik. Sedangkan efisiensi adalah parameter yang sangat penting saat memilih inverter, supaya energi yang maksimalnya dapat disalurkan kebeban. Penelitian ini bertujuan merancang inverter satu fasa dengan SPWM yang memiliki performa gelombang output yang baik. Penulis menggunakan perintah atau koding yaitu pembangkit pulsa PWM (Pulse Width Modulation) dengan teknik modulasi lebar pulsa SPWM unipolar. Dengan demikian, diharapkan performa inverter dengan SPWM (Sinusoidal Pulse Width Modulation) dapat memiliki gelombang output yang baik dan dapat mengetahui efisiensi dari inverter satu fasa pada beban motor induksi satu fasa daya 50 watt. Hasil penelitian menunjukkan sudah sesuai dengan rencana maka performa inverter sudah cukup baik yaitu gelombang keluaran yang diusulkan memiliki gelombang berbentuk sinus tapi belum sempurna masih terdapat ripple. Hasil efisiensi keluaran inverter pada beban motor induksi satu fasa daya 50 watt didapatkan nilai efisiensi inverter maksimal adalah sebesar 76,70% dan efisiensi inverter dengan trafo maksimal didapatkan adalah sebesar 43,21%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inverter dengan SPWM, Gelombang Output, Efisiensi, Beban Motor Induksi Satu Fasa
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:07
Last Modified: 13 Sep 2021 01:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46060

Actions (login required)

View Item View Item