OTOMASI DAN MONITORING AIR MINUM PADA TERNAK AYAM PETELUR


Muhamad Nur Yasin, 5301414081 (2020) OTOMASI DAN MONITORING AIR MINUM PADA TERNAK AYAM PETELUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of OTOMASI DAN MONITORING AIR MINUM PADA TERNAK AYAM PETELUR] PDF (OTOMASI DAN MONITORING AIR MINUM PADA TERNAK AYAM PETELUR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan pangan meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Usaha ternak ayam menjadi primadona bagi perintis usaha kecil dan menengah. Manajemen yang baik diperlukan untuk menjaga kestabilan usaha. Otomasi dan monitoring air minum pada ternak ayam petelur dapat digunakan untuk membantu pengusaha dalam mengelola usaha ternak ayam petelur, dengan desain yang sederhana sehingga mampu dijangkau oleh semua kalangan pengusaha ternak ayam petelur. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa otomasi dang monitoring pemberian air minum pada ternak ayam petelur. Metode yang digunakan adalah rekayasa (engineering). Penelitian ini menggunakan mikrokontroler arduino uno, sensor HC-SR04 sebagai sensor jarak, dan solenoid valve sebagai pengontrol output. Pengujian produk diawali dengan pengujian sensor HC-SR04, sistem produk keseluruhan, fungsional solenoid valve, fungsional pompa air, dan fungsional waktu pada RTC. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan sensor HC-SR04 mampu mengukur tinggi air secara akurat. Solenoid valve mengontrol output air tanpa adanya kebocoran dengan respon yang singkat. Pompa air dapat bekerja dengan baik sesuai program pada arduino uno. RTC sebagai acuan waktu yang digunakan. Kinerja produk berfungsi secara optimal dan mampu mengelola air minum sesuai dengan program pada arduino uno. Hasil pengukuran terlihat pada LCD yang berada di depan box kontrol. Ketika tinggi air pada tandon berada di titik terendah, maka pompa air menyala sampai mencapai titik tertinggi. Ketika tinggi air pada wadah air minum berada di titik terbawah, maka solenoid valve akan terbuka dan mengisi wadah air minum hingga mencapai titik tertinggi. Saran untuk pengembangan penelitian agar hasil lebih baik antara lain menambahkan sistem monitoring yang terintegrasi dengan internet, dan menambahkan sensor tambahan diantaranya sensor suhu dan sensor kelembaban.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ayam petelur, otomasi, monitoring, air minum.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 01:04
Last Modified: 13 Sep 2021 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46058

Actions (login required)

View Item View Item