PROTOTIPE PENGERING BAWANG MERAH BERBASIS ARDUINO UNO


Muhammad Bahaudin, 5301414055 (2020) PROTOTIPE PENGERING BAWANG MERAH BERBASIS ARDUINO UNO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROTOTIPE PENGERING BAWANG MERAH BERBASIS ARDUINO UNO] PDF (PROTOTIPE PENGERING BAWANG MERAH BERBASIS ARDUINO UNO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Melimpahnya hasil pertanian komoditas bawang merah (Allium cepa L) pada musim panen raya di Indonesia, menyebabkan harga bawang merah menurun dan penanganan pengeringan pasca panen kurang maksimal dikarenakan mayoritas petani masih menggunakan sistim pengeringan konvensional yaitu menjemur dengan sinar matahari. Penanganan yang tidak baik pasca panen akan menyebabkan kerusakan berupa tumbuhnya jamur, keriput, busuk, pertunasan, tumbuhnya jamur dan lain sebagainya. Penelitian ini merancang prototipe pengering bawang merah berbasis Arduino Uno dengan sensor suhu dan kelembaban DHT11 sebagai upaya penanganan ketergantungan pengeringan dengan sinar matahari. Perancangan ini disesuakian dengan kebutuhan petani bawang merah pasca panen agar kualitas bawang merah terjaga dan proses pengeringan bisa lebih cepat dibandingkan dengan sistim konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian rekayasa. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu studi literatur, perencanaan, perancangan, pembangunan, pengujian, perbaikan dan pembuatan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensor DHT11 mempunyai selisih terkecil dari perbandingan pengukuran suhu menggunakan Thermohygrometer dengan set point pada prototipe ada pada set point suhu 33oC dengan selisih 0,39 dan error terkecil pada set point 34oC yaitu 0,88%. Sedangkan pengujian kelembaban dengan error terkecil berada pada set point 65% dengan error 3,07%. Hasil yang diperoleh dari enam kali uji coba dengan bobot berat sample bawang merah yang sama 312,5 gram diperoleh waktu paling ideal pengeringan berada pada set point suhu 35oC dengan kelembaban 62.0% memerlukan waktu 31,25 jam dengan bobot akhir 201,5 gram dan membutuhkan daya 4 KWH. Waktu ini lebih cepat dibandingkan dengan pengeringan konvensional yang membutuhkan waktu 7-10 hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prototipe Pengering, Arduino Uno, DHT11, Bawang Merah (Allium cepa L),Thermohygrometer.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:48
Last Modified: 13 Sep 2021 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46052

Actions (login required)

View Item View Item