AUDIT ENERGI LISTRIK PADA PABRIK PRODUKSI PT. UTAMA MULTINIAGA INDONESIA DI KOTA KUDUS


Indra Dwi Prakoso, 5301413083 (2020) AUDIT ENERGI LISTRIK PADA PABRIK PRODUKSI PT. UTAMA MULTINIAGA INDONESIA DI KOTA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AUDIT ENERGI LISTRIK PADA PABRIK PRODUKSI PT. UTAMA MULTINIAGA INDONESIA DI KOTA KUDUS] PDF (AUDIT ENERGI LISTRIK PADA PABRIK PRODUKSI PT. UTAMA MULTINIAGA INDONESIA DI KOTA KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan listrik merupakan salah satu hal penting dalam kemajuan teknologi dan peradaban manusia dalam segala hal. Salah satunya dalam proses produksi pada bidang industri yang sangat bergantung pada peralatan listrik untuk menjaga kelangsungan proses produksinya. Sistem kontrol pada instalasi yang telah berjalan pada proses produksi masih sering terjadi gangguan listrik yang mengakibatkan mesin sering berhenti dan tingkat produksi yang menurun. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen perlu adanya penanganan pada sistem tenaga listrik agar mesin bisa berjalan dengan baik. Untuk menjaga stabilitas proses produksi, maka pembangkit tenaga listrik harus memiliki sistem yang efektif yang dapat mempengaruhi kesiapan unit pembangkit untuk menyediakan pasokan listrik kepada perusahaan produksi. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif yang menggunakan data berupa angka untuk diolah dan dianalisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berkala (time series) yang merupakan data sekunder, karena peneliti tidak mengukur secara langsung melainkan data telah tersedia dari pihak pabrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas hasil produksi dibandingkan dengan penggunaan daya sudah memenuhi kesetaraan atau efektifitas dalam penggunaan daya dengan output produksi Disarankan untuk perusahaan diharapkan dengan adanya penelitian tentang kerugian dan kualitas hasil produksi kedepannya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan produksi sehingga menjadi lebih baik. Sedangkan, saran untuk penelitian selanjutnya, dapat mencoba untuk runtun waktu perbulan atau pertahun agar tingkat keakuratan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sistem Tenaga Listrik, Efisiensi, Audit Daya
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:40
Last Modified: 13 Sep 2021 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46050

Actions (login required)

View Item View Item