PENGARUH RASIO BAHAN DAN PELARUT PADA EKSTRAKSI ANTOSIANIN BUNGA DADAP MERAH (Erythrina Cristagali) MENGGUNAKAN METODE MAE (Microwave Assisted Extraction)


Eva Amalia Alvionita, 5213416070 (2020) PENGARUH RASIO BAHAN DAN PELARUT PADA EKSTRAKSI ANTOSIANIN BUNGA DADAP MERAH (Erythrina Cristagali) MENGGUNAKAN METODE MAE (Microwave Assisted Extraction). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH RASIO BAHAN DAN PELARUT PADA EKSTRAKSI ANTOSIANIN BUNGA DADAP MERAH (Erythrina Cristagali) MENGGUNAKAN METODE MAE (Microwave Assisted Extraction)] PDF (PENGARUH RASIO BAHAN DAN PELARUT PADA EKSTRAKSI ANTOSIANIN BUNGA DADAP MERAH (Erythrina Cristagali) MENGGUNAKAN METODE MAE (Microwave Assisted Extraction)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Antosianin merupakan salah satu sumber bahan pewarna alami, pigmen yang pada tanaman berupa warna merah, biru, atau ungu ini dapat ditemukan dalam bunga. Salah satu tanaman di Indonesia yang mengandung pigmen antosianin yang banyak ditemukan, relatif murah serta mudah didapat yaitu bunga dadap merah (Erythrina crista-galli). Pigmen antosianin diambil dengan cara ekstraksi menggunakan metode MAE (Microwave Assisted Extraction). Keunggulan metode MAE dibandingkan metode konvensional yaitu waktu ekstraksi lebih singkat, pelarut yang digunakan lebih sedikit, sesuai untuk konstituen termolabil, sehingga dapat memberikan proses ekstraksi yang efisien. Proses pengambilan pigmen antosianin kelopak bunga dadap merah dilakukan dengan metode MAE dengan massa bahan yang digunakan adalah 10 g, jenis pelarut etanol-4% Asam sitrat, dan daya microwave 300 W. Ekstraksi dilakukan pada variasi rasio bahan dan pelarut sebesar 1:5, 1:15, dan 1:25 (b/v) dengan waktu ekstraksi 3,6,9,12, dan 15 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh rasio bahan dan pelarut serta waktu ekstraksi terhadap ekstrak antosianin menggunakan MAE. Ekstrak yang diperoleh kemudian dihitung kadar total antosianin, total fenolik, dan intensitas warnanya. Perlakuan terbaik untuk mengekstrak antosianin diperoleh pada rasio 1:15 (b/v) dengan waktu 12 menit yaitu sebesar 9,51 mg/L. Total fenolik tertinggi diperoleh pada variasi rasio 1:5 (b/v) dengan waktu 15 menit yaitu sebesar 17,4372 mg GAE/g ekstrak. Intensitas warna tertinggi diperoleh pada rasio 1:5 (b/v) selama 12 menit yaitu sebesar 208.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dadap Merah, MAE, Antosianin, Total Fenolik, Intensitas warna.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2021 00:25
Last Modified: 13 Sep 2021 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46045

Actions (login required)

View Item View Item