ASESMEN HASIL BELAJAR IPA SISWA DIFABEL KELAS VIII MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SEKOLAH INKLUSI DI SMP NEGERI 10 PEKALONGAN


Anis Safitri Hudaningrum, 4201415046 (2020) ASESMEN HASIL BELAJAR IPA SISWA DIFABEL KELAS VIII MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SEKOLAH INKLUSI DI SMP NEGERI 10 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ASESMEN HASIL BELAJAR IPA SISWA DIFABEL KELAS VIII MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SEKOLAH INKLUSI DI SMP NEGERI 10 PEKALONGAN] PDF (ASESMEN HASIL BELAJAR IPA SISWA DIFABEL KELAS VIII MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SEKOLAH INKLUSI DI SMP NEGERI 10 PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Asesmen hasil belajar IPA dan efektivitas dari asesmen proyek pada siswa difabel kelas VIII materi Sederhana pada sekolah inklusi di SMP N 10 Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan teknik sampling purposive. Subjek penelitian adalah dua puluh sembilan siswa normal kelas VIII A dan lima siswa inklusi jenis kelainan tunagrahita atau retardasi mental kelas VIII di SMP N 10 Pekalongan. Prosedur penelitian ini yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan soal asesmen. Pedoman wawancara terhadap guru IPA, siswa normal, dan ABK. Lembar observasi terntang keterampilan guru mengajar, dan angket sikap ABK terhadap siswa normal, serta sikap siswa normal terhadap ABK. Angket validasi instrumen soal dan uji kelayakan bahan ajar diberikan kepada ahli materi. Soal asesmen ABK yang telah dikembangkan yaitu terdiri dari 10 butir soal, 5 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian dengan tingkat dimensi kognitif C1, C2, C3, C5 dan C6 diberikan kepada ABK dan siswa normal dengan waktu 30 menit untuk siswa normal dan 60 menit untuk ABK. Diperoleh hasil belajar siswa ABK mendapatkan nilai terendah yaitu 30, siswa ABK nilai tertinggi yaitu 73, siswa normal nilai terendah yaitu 56,66 dan siswa normal nilai tertinggi yaitu 90. Analisis data menggunakan uji kelayakan dan keterbacaan bahan ajar, serta uji validitas instrumen soal. Hasil uji validitas instrumen soal menunjukkan rata-rata persentase penilaian sebesar 88,03% yang termasuk kriteria sangat layak. Untuk uji kelayakan bahan ajar menunjukkan rata-rata persentase penilaian sebesar 85,91% yang termasuk kriteria sangat layak. Uji keterbacaan bahan ajar mendapat koreksi dari validator sehingga dari perbaikan menjadikan bahan ajar mudah dipahami siswa ABK sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar pendamping selama proses pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen, hasil belajar, difabel, inklusi.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 Sep 2021 02:35
Last Modified: 12 Sep 2021 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46038

Actions (login required)

View Item View Item