PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TOUR IN CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA/MA


Muallimatun Nisa’, 4401413089 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TOUR IN CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TOUR IN CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA/MA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TOUR IN CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA/MA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di MA Negeri 2 Grobogan, sumber belajar yang digunakan saat kegiatan belajar mengajar biologi adalah buku lembar kegiatan siswa dan buku paket. Materi dan latihan soal dalam sumber belajar yang digunakan siswa, apabila ditinjau dari taksonomi kognitif Bloom mayoritas berada pada tingkatan C1 dan C2. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa yang tuntas KKM adalah 60 %. Padahal, untuk tuntutan kompetensid asar yang diminta minimal C2 hingga C6. Hal ini dapat diperbaiki melalui pembuatan media yang mempermudah siswa untuk memahami materi struktur dan fungsi sel sehingga ketika siswa diberi soal level C2 hingga C6 dapat mengerjakan dengan baik dan benar. Hasil wawancara dengan siswa, buku paket yang digunakan relatif tebal, padat materi dan kurang visualisasi. Hal ini menyebabkan, siswa kurang berminat untuk mempelajari buku tersebut. Selain itu, siswa lebih cenderung menyukai pembelajaran diskusi dengan teman sebaya dan menggunakan sumber belajar yang berisi konsep yang ringkas, gambar pendukung konsep yang jelas, buku yang relatif tidak tebal, dan mempunyai tampilan yang menarik seperti majalah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media interaktif Tour in Cell untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi media dan desain oleh ahli, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, dan uji coba produk skala luas. Desain produk berupa media interaktif Tour in Cell dengan validitas materi sebesar 4,33 termasuk kategori sangat layak 86,67% dan validitas tampilan media sebesar 4,13 termasuk kategori sangat layak dengan persentase 82,72%. Pada tahap uji coba skala kecil didapatkan hasil bahwa 88,3% siswa setuju bahwa media Tour in Cell sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Setelah uji coba skala kecil dilakukan revisi media sesuai kritik dan saran yang telah diberikan oleh siswa. Pada tahap uji coba skala luas didapatkan peningkatan hasil belajar siswa dengan uji N-gain menghasilkan rata-rata nilai N-gain 0,59 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Tour in Cell yang dikembangkan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kemampuan Kognitif, Media, Struktur dan Fungsi Sel
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 12 Sep 2021 01:56
Last Modified: 12 Sep 2021 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46035

Actions (login required)

View Item View Item