PENGARUH HUMOR PADA LUARAN INOVATIF DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Desy Mulyani Yulianah, NIM 7311414072 (2021) PENGARUH HUMOR PADA LUARAN INOVATIF DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH HUMOR PADA LUARAN INOVATIF DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI] PDF (PENGARUH HUMOR PADA LUARAN INOVATIF DENGAN PERILAKU KERJA INOVATIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Humor, Luaran Inovatif, Perilaku Kerja Inovatif Humor merupakan komunikasi dengan dua orang atau lebih yang dilakukan agar membuat lawan bicara menjadi tertawa girang, terhibur, dan senang sehingga dapat menarik perhatian. Tingkat humor yang dimiliki pelaku UMKM dapat berpengaruh pada perilaku kerja inovatif, terlebih untuk menjalin kerja sama dengan rekan bisnis untuk meningkatkan luaran inovatif UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediasi perilaku kerja inovatif pada hubungan humor terhadap luaran inovatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pemilik UMKM di Kota Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan multiple random sampling. Jumlah sampel 201 pelaku UMKM. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan perangkat lunak WarpPLS versi 7.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa humor meningkatkan perilaku kerja inovatif dan luaran inovatif. Selain itu, perilaku kerja inovatif juga meningkatkan luaran inovatif. Selanjutnya penelitian ini menemukan pengaruh humor pada luaran inovatif dapat dimediasi dengan perilaku kerja inovatif. Simpulan dari penelitian ini yaitu humor yang dimiliki pelaku UMKM cenderung meningkatkan luaran inovatif jika pelaku UMKM di Kota Semarang memiliki pelaku kerja inovatif. Pelaku UMKM yang memiliki humor dapat dengan mudah menjalin interaksi dengan rekan bisnisnya karena memberikan suasana yang menyenangkan saat berinteraksi. Hal tersebut mendorong pelaku UMKM untuk memiliki perilaku kerja inovatif, sehingga pelaku UMKM akan memiliki ide-ide baru dan mengimplementasikannya menjadi luaran inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Humor, Luaran Inovatif, Perilaku Kerja Inovatif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:17
Last Modified: 11 Sep 2021 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46031

Actions (login required)

View Item View Item