ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN SHAMPOO CLEAR DI SEMARANG


Seto Asriyanto Putro, NIM 7311413250 (2020) ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN SHAMPOO CLEAR DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN SHAMPOO CLEAR DI SEMARANG] PDF (ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN SHAMPOO CLEAR DI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Iklan, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Keputusan Pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung iklan, celebrity endorser, dan brand awareness sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen kosmetik Mustika Ratu di Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik incidental sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan menggunakan program SPSS 23.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel iklan berpengaruh terhadap brand awareness sebesar 0,393, iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,391. Variabel celebrity endorser berpengaruh terhadap brand awareness sebesar 0,493, celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,385. Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian dimediasi brand awareness sebesar 0,219 dan pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian dimediasi brand awareness sebesar 0,235. Simpulan dari penelitian ini adalah iklan, celebrity endorser, dan brand awareness sebagai variabel intervening berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap keputusan pembelian. Saran untuk perusahaan hendaknya lebih memanfaatkan daya tarik celebrity endorser agar lebih mempengaruhi konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Iklan, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:14
Last Modified: 11 Sep 2021 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46030

Actions (login required)

View Item View Item