Pengaruh Kepemimpinan Melayani pada Organizational Chitizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi


Moch Sholahudein, NIM 7311413219 (2020) Pengaruh Kepemimpinan Melayani pada Organizational Chitizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Melayani pada Organizational Chitizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi] PDF (Pengaruh Kepemimpinan Melayani pada Organizational Chitizenship Behavior (OCB) dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 7311413219 - Solahudin Saladin.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepemimpinan Melayani, Kepuasan Kerja, OCB Pesatnya perkembaangan arus globalisasi, menuntut perusahaan untuk mencari karyawan yang kompeten dan siap bekerja melebihi tugasnya. Dalam dekade terakhir, event organizer merupakan salah satu bidang usaha yang mengalami peningkatan. Perusahaan event organizer akan mencari karyawan dengan kinerja terbaik, tentunya karyawan yang siap bekerja melebih tugasnya, mampu bekerja dalam tim, dan membantu sesame rekan kerja. Namun dalam praktiknya tidak semua karyawan dapat menikmati pekerjaannya dan bersedia membantu rekan kerja yang mengalami kesulitan, hal tersebut akan berdampak buruk pada perilaku karyawan di tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan melayani dan kepuasan kerja pada OCB karyawan CV Trisula Pariwara Semarang. Sampel dalam penelitian ini yaitu sejumlah 64 karyawan, dengan teknik sampling jenuh, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t dan uji analisis jalur menggunakan IBM SPSS Statistic versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB atau H1 diterima. Kepemimpinan melayani berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja atau H2 diterima. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB atau H3 diterima. Dan kepuasan kerja memediasi hubungan kepemimpinan melayani terhadap OCB atau H4 diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan melayani meliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara signifikan terhadap OCB karyawan. Saran untuk karyawan diharapkan meningkatkan kerjasama dengan rekan kerja dan saling membantu bila ada rekan kerja yang mengalami kesulitan saat bekerja sehingga perilaku OCB dapat menjadi budaya organisasi. Saran untuk perusahaan dengan meningkatkan kualitas kepemimpinan seperti pemimpin yang mempunyai wawasan luas, dapat mengarahkan bawahan agar mampu bekerja secara baik, memiliki rasa empati terhadap bawahan, memberikan penghargaan bagi karyawan yang berprestasi, dan memberikan bantuan saat ada bawahan yang mengalami kesulitan saat melaksanakan pekerjaan. Untuk peneliti selanjutnya supaya mencari objek penelitian yang lebih luas dan menambah jumlah responden untuk hasil penelitian yang lebih presentatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemimpinan Melayani, Kepuasan Kerja, OCB
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:08
Last Modified: 11 Sep 2021 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46028

Actions (login required)

View Item View Item