PENGARUH CITRA DESTINASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KOMPLEK WISATA MAKAM SUNAN MURIA GUNUNG MURIA KABUPATEN KUDUS


Abdul Rozaq Fauzi, NIM 7311413206 (2020) PENGARUH CITRA DESTINASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KOMPLEK WISATA MAKAM SUNAN MURIA GUNUNG MURIA KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CITRA DESTINASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KOMPLEK WISATA MAKAM SUNAN MURIA GUNUNG MURIA KABUPATEN KUDUS] PDF (PENGARUH CITRA DESTINASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KOMPLEK WISATA MAKAM SUNAN MURIA GUNUNG MURIA KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Citra Destinasi, Promosi, Kepuasan Pengunjung, Keputusan Berkunjung Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya dengan berbagai macam budaya dan memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal di dunia. Pariwisata adalah salah satu sektor yang sangat diandalkan oleh pemerintah untuk mendapatkan devisa. Pembangunan pariwisata juga memiliki dampak terhadap bidang yang lain. Diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan, memperluas lapangan usaha, meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar lingkungan wisata dan pemerintah, menumbuhkan dorongan untuk melakukan pelestarian lingkungan hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung komplek wisata makam sunan muria. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus iterasi sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t dan uji path analysis menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengunjung atau H1 diterima. Keputusan berkunjung memediasi hubungan citra destinasi dan kepuasan pengunjung atau H2 diterima. Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung atau H3 diterima. Keputusan berkunjung memediasi hubungan promosi terhadap kepuasan pengunjung atau H4 diterima. Keputusan berkunjung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengunjung atau H5 ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah citra destinasi memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung. promosi berpengaruh langsung dan tidak langsung secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Saran untuk pengelola komplek wisata makam sunan muria supaya menyediakan tempat penginapan dan restoranya yang lebih bagus supaya menarik keputusan pengunjung dan kepuasan pengunjung untuk mengunjungi kembali. Serta memperbanyak iklan melalui media televisi dan mengundang wartawan televisi nasional untuk meliput kegiatan tahunan yang diadakan di komplek wisata. Untuk peneliti selanjutnya supaya mencari objek penelitian yang lebih luas dan menambah jumlah responden untuk hasil penelitian yang lebih presentatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Citra Destinasi, Promosi, Kepuasan Pengunjung, Keputusan Berkunjung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:00
Last Modified: 11 Sep 2021 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46026

Actions (login required)

View Item View Item