PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK POLYTRON DI CV OBAJA KABUPATEN KUDUS


FAHMI ALI BASYAR, NIM 7311413183 (2021) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK POLYTRON DI CV OBAJA KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK POLYTRON DI CV OBAJA KABUPATEN KUDUS] PDF (PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK POLYTRON DI CV OBAJA KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas, Kepuasan Pelanggan Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi yang melanda dunia saat ini, perkembangan dunia teknologi komunikasi menjadi sangat cepat, hal ini dikarenakan semakin tinggi kebutuhan akan teknologi yang diperlukan orang manusia untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Konsumen lebih menekankan pada kepraktisan penggunaan sebagaimana mereka dapat melakukan berbagai macam hal dalam satu genggaman, maka diciptakanlah sebuah telepon seluler (ponsel) yang mampu menunjang kebutuhan setiap orang berupa ponsel pintar (smartphone). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone di Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t dan uji path analysis menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas atau H1 diterima. Kepuasan pelanggan tidak memediasi hubungan citra merek dan loyalitas atau H2 ditolak. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas atau H3 diterima. Kepuasan pelanggan memediasi hubungan kualitas produk terhadap loyalitas atau H4 diterima. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas atau H5 diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah citra merek memiliki pengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas. Kualitas produk berpengaruh langsung dan tidak langsung secara signifikan terhadap loyalitas. Saran untuk pihak perusahaaan perusahaan perlu memperhatikan kembali tingkat kepercayaan konsumen khususnya ketersediaan pelayanan after sale bagi para pengguna smartphone. Serta terus meningkatkan kualitas mengikuti perkembangan spesifikasi yang dibutuhkan konsumen. Untuk peneliti dapat menambah data pendukung yang lebih terkini. Peneliti selanjutnya juga dapat mencari ruang lingkup objek lain yang berbeda dan lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas, Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 17:57
Last Modified: 11 Sep 2021 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46025

Actions (login required)

View Item View Item