ANALISIS TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN HASIL AUDIT TERHADAP TINGKAT KORUPSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH


JESIKA CHRISTINE, 7211416216 (2020) ANALISIS TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN HASIL AUDIT TERHADAP TINGKAT KORUPSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN HASIL AUDIT TERHADAP TINGKAT KORUPSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH] PDF (ANALISIS TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, DAN HASIL AUDIT TERHADAP TINGKAT KORUPSI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Hasil Audit, Tingkat Korupsi. Reformasi tahun 1998 menghasilkan otonomi daerah yang sampai saat ini masih diimplementasikan pemerintah daerah. Pelaksanaan otonomi daerah mengakibatkan semua hal yang berkaitan dengan keuangan diatur secara mandiri oleh pemerintah daerah, sehingga tidak sedikit kalangan pemerintah daerah tergoda untuk melakukan tindak kecurangan salah satunya yaitu korupsi. Kebijakan penerapan sistem berbasis elektronik dan kinerja akuntabilitas pemerintah daerah dapat digunakan untuk melihat sebaik apa pelaksanaan keuangan suatu daerah dapat mewujudkan pemerintah yang berkualitas. Selain itu, pengawasan oleh BPK untuk hasil audit sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kasus korupsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis transparansi, akuntabilitas, dan hasil audit terhadap tingkat korupsi pemerintah daerah Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah Provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 35 kota/kabupaten tahun 2017-2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh, dimana sampling yang digunakan ialah menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dengan software SPSS Statistics 25. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskripstif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prediksi yang digunakan oleh peneliti layak (fit) untuk digunakan sebagai model penelitian dan menyimpulkan bahwa transparansi, akuntabilitas, opini audit dan tindak lanjut audit tidak mempengaruhi tingkat korupsi sedangkan temuan audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat korupsi. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat korupsi dari tahun 2017-2018 memiliki tren meningkat dan cukup tinggi setiap tahunya. Penelitian ini merekomendasikan saran agar pemerintah daerah khususnya Provinsi Jawa Tengah dapat lebih melakukan pengawasan dan meningkatkan kinerja atas pemerintah daerah masing-masing untuk mengurangi tingkat korupsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Transparansi, Akuntabilitas, Hasil Audit, Tingkat Korupsi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 17:37
Last Modified: 11 Sep 2021 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46019

Actions (login required)

View Item View Item