PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KUALITAS PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI


Kris Money Terry Untoro, NIM 7211416202 (2020) PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KUALITAS PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KUALITAS PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI] PDF (PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP KUALITAS PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, Kualitas Pengungkapan Lingkungan, Profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kinerja lingkungan, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap kualitas pengungkapan lingkungan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel dan diperoleh 20 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2017-2019 sebanyak 60 unit analisis, sehingga jumlah sampel menjadi 60 unit analisis. Metode analisis data penelitian ini adalah moderated regression analysis (MRA). Pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap kualitas pengungkapan lingkungan, sedangkan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Hasil uji pengaruh moderating menunjukan bahwa profitabilitas dapat memoderasi hubungan antara kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap kualitas pengungkapan lingkungan, sedangkan profitabilitas tidak memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dan leverage terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap kualitas pengungkapan lingkungan dan profitabilitas dapat memoderasi hubungan antara kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Saran untuk penelitian selanjutnya agar mempertimbangkan variabel lain selain variabel dalam penelitian ini, memperluas populasi dan sampel pengamatan serta menggunakan pengukuran kualitas pengungkapan lingkungan lain. Saran bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas dari pengungkapan lingkungan, hal ini dilakukan agar perusahaan lebih dapat menunjukan tanggung jawabnya terhadap lingkungan dan agar menarik minat kreditor untuk menanamkan modalnya di perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, Kualitas Pengungkapan Lingkungan, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 17:27
Last Modified: 11 Sep 2021 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46016

Actions (login required)

View Item View Item