FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN E-ZAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH


Puguh Kharisma, NIM 7211416197 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN E-ZAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN E-ZAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN E-ZAKAT DALAM MEMBAYAR ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: E-Zakat, Organisasi Pengelola Zakat, Pengelolaan, Transaksi digital, ZIS, Online. Pada era modern seperti saat ini, turut mengubah model transaksi keuangan yang tadinya dilakukan secara konvensional, saat ini dapat dilakukan secara digital atau online menggunakan financial technology. Tren transaksi digital ini juga turut mengubah metode pembayaran Zakat, Infaq, dan Sedekah yang tadinya dilakukan secara konvensional, saat ini dapat dilakukan secara digital melalui layanan E-Zakat yang disediakan oleh Organisasi Pengelola Zakat. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, telah terjadi tren peningkatan pembayaran Zakat, Infaq, dan Sedekah secara digital yang cukup signifikan. Hal ini menjadi fenomena baru dalam penghimpunan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah sehingga faktor-faktor apa saja yang turut mempengaruhi minat muzaki menggunaakan E-Zakat dalam membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah sehingga terjadi tren peningkatan instensitas pembayaran ZIS secara digital perlu diketahui agar penghimpunan dana Zakat, Infaq, dan Sedekah dapat maksimal. Populasi penelitian ini adalah amil yang bekerja pada OPZ berskala Provinsi dan Nasional di Kota Semarang yang telah membuka layanan E-Zakat. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik quota sampling dan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegunaan dan Transparansi berpengaruh positif signifikan, Risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap Minat Menggunakan E-Zakat, namun Akuntabilitas tidak berpengaruh siginifkan terhadap Minat Menggunakan E-Zakat dalam Membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa minat menggunakan E-Zakat dalam membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah dipengaruhi oleh variabel Kegunaan, Risiko dan Transparansi dari layanan E-Zakat. Saran dari peneliti untuk OPZ diharapkan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan serta menambah fitur-fitur bagi muzaki/donatur. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi minat menggunakan E-Zakat dalam membayar Zakat, Infaq, dan Sedekah. Diharapkan menghadirkan variabel kemudahaan penggunaan untuk melengkapi unsur variabel dalam teori Technology Acceptance Model (TAM).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-Zakat, Organisasi Pengelola Zakat, Pengelolaan, Transaksi digital, ZIS, Online.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 17:24
Last Modified: 11 Sep 2021 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46015

Actions (login required)

View Item View Item