ANALISIS PERBEDAAN REAKSI PASAR SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DAFTAR EFEK SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA


Bintang Gemilang Adi Putra, NIM 7211416176 (2021) ANALISIS PERBEDAAN REAKSI PASAR SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DAFTAR EFEK SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PERBEDAAN REAKSI PASAR SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DAFTAR EFEK SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA] PDF (ANALISIS PERBEDAAN REAKSI PASAR SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DAFTAR EFEK SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Saham Syariah; Return; Pengumuman Daftar Efek Syariah. Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Oleh karena itu seharusnya perekonomian syariah khususnya investasi saham syariah dapat berkembang pesat di Indonesia. Namun, pada kenyataannya saham syariah Indonesia masih kalah berkembang dengan Malaysia dimana populasi saham syariahnya lebih besar dibandingkan dengan saham konvensionalnya. Oleh sebab itu, penelitian ini meneliti mengenai return saham syariah dan saham konvensional untuk mengetahui perbedaan reaksi investor Indonesia sebelum dan sesudah perubahan status saham antara syariah dan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam tahun 2019. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 78 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji beda degan model penelitian Paired t-test menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengumuman penerbitan perubahan status saham dampak dari penyaringan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap Daftar Efek Syariah (DES) tidak terdapat perbedaan return secara baik pada saham yang menjadi syariah maupun saham yang menjadi konvensional. Selain itu saham syariah memiliki perbedaan return yang lebih baik jika dibandingkan dengan saham konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah reaksi investor terhadap perubahan status saham tidak begitu memperhatikannya sebagai alasan pengambilan keputusan. Hal ini ditunjukkan dengan sangat kecilnya perbedaan return dari transaksi saham antara sebelum dan sesudah pengumuman oleh OJK. Saham syariah memiliki perbedaan return yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan saham konvensional. Saran dari penelitian ini adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebaiknya meningkatkan perluasan pengumuman Daftar Efek Syariah (DES) agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menambah jendela pengamatan yang lebih luas sehingga hasil penelitian dapat menggambarkan reaksi investor terhadap pengumuman DES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Saham Syariah; Return; Pengumuman Daftar Efek Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 17:00
Last Modified: 11 Sep 2021 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46012

Actions (login required)

View Item View Item