PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN FREKUENSI PERDAGANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Desiwiningtyas Mulia, 7211416174 (2020) PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN FREKUENSI PERDAGANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN FREKUENSI PERDAGANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI] PDF (PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN FREKUENSI PERDAGANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Return On Investment, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Frekuensi Perdagangan, Return Saham. Return saham adalah keuntungan atau kerugian (capital gain/loss) yang diperoleh dari investasi atau trading saham dalam kurun waktu tertentu. Adanya laporan keuangan dimaksudkan untuk membantu mengkomunikasikan kondisi perusahaan kepada investor, pemegang saham dan publik dalam membuat keputusan ekonomi yang akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh return on investment, debt to equity ratio, earning per share terhadap return saham serta frekuensi perdagangan dalam memoderasi hubungan pengaruh tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama tahun 2014 sampai 2018 berjumlah 14 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menghasilkan 13 perusahaan yang terpilih sebagai sampel dengan total 56 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan dan menggunakan teknik dokumenter untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji selisih nilai mutlak, serta pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap return saham, sedangkan return on investment dan earning per share tidak berpengaruh terhadap return saham. Frekuensi perdagangan dapat digunakan untuk memoderasi pengaruh debt to equity ratio terhadap return saham, namun tidak mampu memoderasi pengaruh antara return on investment dan earning per share terhadap return saham. Saran untuk penelitian selanjutnya, dapat mempertimbangkan teori yang akan digunakan untuk mendukung hubungan antara variabel independen dan dependen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Return On Investment, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Frekuensi Perdagangan, Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 16:52
Last Modified: 11 Sep 2021 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46011

Actions (login required)

View Item View Item