PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Lativa Ulisanti, 7211416124 (2020) PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Berbagai reformasi pada sektor publik menghadapkan pemerintah daerah untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik. Fenomena yang semakin menguat pada pertumbuhan pemerintahan di Indonesia adalah adanya desakan atas penyajian LKPD yang berkualitas. Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (KLKPD) yang kian menguat menjadi tantangan bagi pemerintah daerah di berbagai tempat untuk menyajikan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efektivitas sistem pengendalian internal (ESPI) dan pemanfaatan teknologi informasi (PTI) terhadap KLKPD, yang dimoderasi oleh variabel kompetensi sumber daya manusia (KSDM). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para Kepala Sub Bagian Keuangan selaku Pejabat Penatausahaan Keuangan Organisasi Perangkat Daerah (PPK-OPD) dan Bendahara Pengeluaran OPD dengan total 98 orang di OPD se-Kabupaten Grobogan. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. Teknik sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner, sedangkan untuk pengukuran variabel data diukur menggunakan skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi dengan uji selisih nilai mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ESPI dan PTI secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap KLKPD. Hasil penelitian uji hipotesis efek moderasi menunjukkan bahwa KSDM dapat memperkuat pengaruh PTI terhadap KLKPD, akan tetapi memperlemah pengaruh ESPI terhadap KLKPD. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara ESPI dan PTI terhadap KLKPD, sedangkan untuk variabel moderasi menunjukkan hasil bahwa KSDM dapat memperkuat pengaruh PTI terhadap KLKPD, akan tetapi memeperlemah pengaruh ESPI terhadap KLKPD. Saran bagi Pemerintah Kabupaten Grobogan dianjurkan untuk melakukan upaya peningkatan kembali terkait seluruh aspek ESPI, PTI dan KSDM untuk menunjang KLKPD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 16:05
Last Modified: 11 Sep 2021 16:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46007

Actions (login required)

View Item View Item