FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENVIRONMENTAL DISCLOSURE


Tegar Fransida Sugiyanto, NIM 7211416123 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENVIRONMENTAL DISCLOSURE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENVIRONMENTAL DISCLOSURE] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENVIRONMENTAL DISCLOSURE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: environmental disclosure, kinerja lingkungan, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, ukuran komite audit. Tujuan utama perusahaan adalah untuk memperoleh laba sebanyak-banyaknya. Namun sering kali aktivitas perusahaan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sehingga saat ini perusahaan juga dituntut untuk bertanggungjawab pada pelestarian lingkungan. Environmental disclosure merupakan laporan aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan lingkungan baik dampak yang ditimbulkan maupun upaya pelestariannya. Penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi environmental disclosure antara lain kinerja lingkungan, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, dan ukuran komite audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor agrikultur, pertambangan, industri dasar dan kimia, dan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sampel 50 perusahaan sehingga didapatkan total 150 unit analisis. Outlier penelitian ini berjumlah 13 sehingga unit analisis akhir menjadi 137. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi berganda menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen secara simultan mempengaruhi environmental disclosure. Variabel kinerja lingkungan, ukuran dewan komisaris, dan ukuran komite audit secara parsial berpengaruh positif terhadap environmental disclosure. Variabel kinerja lingkungan berpengaruh negatif terhadap environmental disclosure. Sementara variabel komisaris independen tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semakin baik kinerja lingkungan, ukuran dewan komisaris, dan ukuran komite audit maka environmental disclosure perusahaan juga akan semakin luas. Sementara semakin besar kepemilikan manajerial akan mengecilkan environmental disclosure. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menambah variabel penelitian, memilih proksi yang berbeda, serta memperluas populasi atau periode penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: environmental disclosure, kinerja lingkungan, kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, ukuran komite audit.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 16:01
Last Modified: 11 Sep 2021 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46006

Actions (login required)

View Item View Item