FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMODERASI OLEH NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN DI INDONESIA


Vina Ma’rifatul Asna, NIM 7211416118 (2020) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMODERASI OLEH NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMODERASI OLEH NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN DI INDONESIA] PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMODERASI OLEH NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN DI INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Keputusan Investasi, Arus Kas, Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Nilai Perusahaan. Salah satu tujuan berdirinya perusahaan adalah memperoleh laba yang maksimal. Perusahaan dapat memperoleh laba dan menjaga stabilitas perusahaan dengan melakukan investasi. Semakin banyak investor menanamkan modal ke perusahaan, maka akan diikuti semakin tingginya harga saham perusahaan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh arus kas, leverage, profitabilitas, likuiditas yang dimoderasi oleh nilai perusahaan terhadap keputusan investasi. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan yang berjumlah 48 perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan sampel akhir dalam penelitian adalah 33 perusahaan dengan 87 unit analisis setelah dikurangi 12 data outlier. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analisys (MRA) dengan program IBM SPSS 21 sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas, leverage dan likuiditas berpengaruh positif terhadap keputusan investasi, sedangkan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi. Nilai perusahaan mampu memperlemah pengaruh arus kas dan leverage terhadap keputusan investasi, sedangkan nilai perusahaan tidak mampu memperkuat maupun memperlemah pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap keputusan investasi. Simpulan dalam penelitian adalah arus kas, leverage dan likuditas yang tinggi akan meningkatkan keputusan investasi perusahaan, sedangkan nilai profitabilitas tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi perusahaan. Nilai perusahaan mampu memperlemah pengaruh arus kas dan leverage terhadap keputusan investasi, akan tetapi nilai perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap keputusan investasi. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain sebagai variabel moderating dan menambahkan variabel lain sebagai variabel independen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keputusan Investasi, Arus Kas, Leverage, Profitabilitas, Likuiditas, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 15:45
Last Modified: 11 Sep 2021 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46005

Actions (login required)

View Item View Item