PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, RELIGIUSITAS, BUDAYA, PRINSIP BAGI HASIL SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENYIMPAN DANA PADA KSPPS DI KOTA SEMARANG


Muhammad Fikri Aziz, NIM 7211416117 (2020) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, RELIGIUSITAS, BUDAYA, PRINSIP BAGI HASIL SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENYIMPAN DANA PADA KSPPS DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, RELIGIUSITAS, BUDAYA, PRINSIP BAGI HASIL SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENYIMPAN DANA PADA KSPPS DI KOTA SEMARANG] PDF (PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, RELIGIUSITAS, BUDAYA, PRINSIP BAGI HASIL SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MENYIMPAN DANA PADA KSPPS DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Keputusan Anggota Menyimpan Dana Pada KSPPS Di Kota Semarang, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, Budaya, Prinsip Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan. Lembaga keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Akan tetapi marketshare lembaga keuangan syariah masih jauh daripada lembaga keuangan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, religiusitas, budaya, prinsip bagi hasil serta kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menyimpan dana pada KSPPS di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah anggota aktif KSPPS yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik accidental sampling dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah 100 responden. Pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis PLS dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan, religiusitas, budaya, prinsip bagi hasil serta kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan anggota menyimpan dana pada KSPPS di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan anggota menyimpan dana pada KSPPS di Kota Semarang dapat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan, religiusitas, budaya, prinsip bagi hasil serta kualitas pelayanan. Saran dari peneliti untuk KSPPS diharapkan untuk dapat mempertahankan kualitas pelayanan serta membuat kesepakatan bagi hasil yang lebih menarik dan menguntungkan anggota KSPPS. Bagi anggota KSPPS maupun calon anggota diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas menyimpan dana yang diberikan oleh pihak KSPPS sesuai dengan tujuan yang menjadi orientasi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas sampel dengan menambah lembaga keuangan KSPPS yang diteliti, karena dalam penelitian ini hanya anggota dari 8 KSPPS yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keputusan Anggota Menyimpan Dana Pada KSPPS Di Kota Semarang, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, Budaya, Prinsip Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 15:40
Last Modified: 11 Sep 2021 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46004

Actions (login required)

View Item View Item