DETERMINAN PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PENERIMA MANFAAT ZAKAT PRODUKTIF PADA BAZNAS KABUPATEN SEMARANG


Nur Khalim Darwiyati, NIM 7211416104 (2021) DETERMINAN PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PENERIMA MANFAAT ZAKAT PRODUKTIF PADA BAZNAS KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PENERIMA MANFAAT ZAKAT PRODUKTIF PADA BAZNAS KABUPATEN SEMARANG] PDF (DETERMINAN PENINGKATAN PENDAPATAN MUSTAHIK PENERIMA MANFAAT ZAKAT PRODUKTIF PADA BAZNAS KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Pendidikan, Jenis Usaha Produktif, Jumlah Zakat Produktif, Pendampingan, Peningkatan Pendapatan Mustahik. Kemiskinan merupakan permasalahan yang krusial bagi bangsa Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan pendayagunaan zakat produktif. Zakat produktif menjadi solusi untuk mengurangi kemiskinan karena kurangnya modal dan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Zakat produktif disalurkan kepada mustahik dalam bentuk bantuan permodalan dan pemberdayaan ekonomi mustahik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, jenis usaha produktif, lama usaha, jumlah zakat produktif, dan pendampingan terhadap peningkatan pendapatan mustahik. Populasi dalam penelitian ini adalah mustahik penerima manfaat zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Semarang berjumlah 80 mustahik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menghasilkan 40 sampel penelitian. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi logistik biner dan software IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh positif tingkat pendidikan terhadap peningkatan pendapatan, (2) ada pengaruh positif usaha produktif terhadap peningkatan pendapatan, (3) tidak ada pengaruh positif lama usaha terhadap peningkatan pendapatan, (4) ada pengaruh positif jumlah zakat produktif terhadap peningkatan pendapatan, (5) tiak ada pengaruh positif pendampingan terhadap peningkatan pendapatan. Saran yang diberikan adalah mustahik penerima manfaat zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Semarang lebih mengotimalkan pemberdayaan yang diberikan agar usaha terus berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendidikan, Jenis Usaha Produktif, Jumlah Zakat Produktif, Pendampingan, Peningkatan Pendapatan Mustahik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 15:36
Last Modified: 11 Sep 2021 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46003

Actions (login required)

View Item View Item