KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI PEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN EMISI KARBON


Milawati, 7211416099 (2021) KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI PEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN EMISI KARBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI PEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN EMISI KARBON] PDF (KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI PEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN EMISI KARBON) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Klasifikasi PROPER, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional. Pengungkapan emisi karbon merupakan pengungkapan sukarela mengenai emisi karbon yang terdapat dalam laporan yang dibuat oleh perusahaan dan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Pengungkapan ini dapat dilakukan sebagai salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan legitimasi dari stakeholder dan menghindari risiko reputasi, proses hukum dan denda. Sehingga hal tersebut digunakan untuk menyatakan bahwa pengungkapan emisi karbon penting dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini akan menguji pengaruh profitabilitas, leverage, klasifikasi PROPER, dan komisaris independen terhadap pengungkapan emisi karbon dengan dimoderasi oleh kepemilikan institusional pada perusahaan high profile peserta klasifikasi PROPER yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Populasi pada penelitian ini yaitu 79 perusahaan high profile peserta klasifikasi PROPER yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dihasilkan 19 perusahaan dengan 63 unit analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan melakukan analisis terhadap data yang telah tersedia. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi berupa uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi PROPER berpengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon, sedangkan profitabilitas, leverage, dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon. Kepemilikan institusional mampu memoderasi pengaruh klasifikasi PROPER terhadap pengungkapan emisi karbon, namun tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage, dan komisaris independen terhadap pengungkapan emisi karbon. Simpulan penelitian ini yaitu dari delapan hipotesis hanya dua hipotesis yang diterima yaitu klasifikasi PROPER dan kepemilikan institusional yang memoderasi klasifikasi PROPER. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu penggunaan variabel independen lainnya yang diduga dapat mempengaruhi pengungkapan emisi karbon seperti publikasi media, ukuran perusahaan, maupun umur perusahaan, selain itu penelitian selanjutnya sebaiknya menambah sektor dan tahun pengamatan agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Klasifikasi PROPER, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 15:27
Last Modified: 11 Sep 2021 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46002

Actions (login required)

View Item View Item