“Keefektifan Strategi Stimulus, Bonus, dan Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Volum Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Mijen Demak Kelas VIII Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009”


Rizka Nur Arifah, 4101405522 (2009) “Keefektifan Strategi Stimulus, Bonus, dan Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Volum Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Mijen Demak Kelas VIII Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Keefektifan Strategi Stimulus, Bonus, dan Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Volum Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Mijen Demak Kelas VIII Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009”]
Preview
PDF (“Keefektifan Strategi Stimulus, Bonus, dan Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Volum Kubus dan Balok di SMP Negeri 1 Mijen Demak Kelas VIII Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009”) - Published Version
Download (620kB) | Preview

Abstract

Strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga merupakan sebuah siasat yang dilakukan oleh seorang guru selama proses pembelajaran yang didalamnya terdapat stimulus/rangsangan sehingga siswa berkompetisi untuk mendapatkan bonus, sedangkan alat peraga bertujuan untuk membawa pemikiran siswa dari abstrak ke benda konkret. Dari hasil observasi awal diperoleh rata-rata nilai ulangan tengah semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 adalah 58,7609 yang ternyata kurang dari KKM yaitu 63. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai keefektifan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi volum kubus dan balok di SMP Negeri 1 Mijen Demak kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2008/2009. Terdapat dua permasalahan dalam penelitian ini yaitu “ Apakah rata-rata hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Mijen Demak kelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 pada materi volum kubus dan balok yang menggunakan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi ekspositori?”, sedangkan permasalahan yang kedua adalah “apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga pada materi volum kubus dan balok dapat mencapai batas KKM 63?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Mijen Demak kelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2008/2009 pada materi volum kubus dan balok yang menggunakan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi ekspositori. Selain itu untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa yang diperoleh melalui pembelajaran menggunakan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga pada materi volum kubus dan balok. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Mijen Demak kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2008/2009. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen, sehingga peneliti dapat melakukan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Pada penelitian ini diambil sampel 2 kelas dan didapat; kelas VIII/E sebagai kelas kontrol dan VIII/F sebagai kelas eksperimen. Penelitian ditempuh dengan 2 kali proses pembelajaran dan 1 kali tes. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga sebagai variabel bebas, dan (2) Hasil belajar matematika pada materi volum kubus dan balok sebagai variabel terikat. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata yang diperoleh pada kelas ekperimen adalah 71,76 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 63,82. Dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai t hitung sebesar 4,47309 sedangkan t tabel sebesar 1,667667. Karena t hitung > t tabel berarti t berada pada daerah penolakan Ho. Selain itu untuk mengetahui ketuntasan belajar pada kelas eksperimen dilakukan uji ketuntasan belajar. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa t hitung sebesar 7,939366 dan t tabel sebesar 1,684. Karena t hitung lebih dari t tabel maka Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga lebih besar dari pada rata-rata pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori, dan telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan hasil tersebut guru hendaknya menerapkan strategi stimulus, bonus, dan berbantuan alat peraga pada materi volum kubus dan balok karena dengan strategi ini rata-rata hasil belajar yang diperoleh lebih baik dibandingkan dengan strategi ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Stimulus, Bonus, dan Berbantuan Alat Peraga, serta Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2011 03:36
Last Modified: 25 Apr 2015 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item