PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN ASING, DAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UMUR PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Ayu Suryani, 7211416083 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN ASING, DAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UMUR PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN ASING, DAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UMUR PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, KEPEMILIKAN ASING, DAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN UMUR PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pengungkapan Modal Intelektual, Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Pemerintah, Umur Perusahaan. Modal intelektual merupakan asset tidak berwujud yang mampu meningkatkan nilai perusahaan. Namun, hingga saat ini pengungkapan modal intelektual masih bersifat voluntary. Belum ada peraturan yang mengatur tentang pengukuran dan pengungkapan modal intelektual. Hal ini mengakibatkan beberapa perusahaan belum memiliki kesadaran untuk melakukan pengungkapan modal intelektual yang lebih luas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan asing, dan kepemilikan pemerintah terhadap pengungkapan modal intelektual dengan menambahkan umur perusahaan sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2018. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sesuai kriteria yang ditentukan peneliti dan diperoleh 162 unit analisis. Teknik analisis menggunakan analisis regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa leverage dan kepemilikan asing berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Profitabilitas dan kepemilikan pemerintah tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Selain itu, umur perusahaan sebagai variabel moderating dalam penelitian ini mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan kepemilikan pemerintah terhadap pengungkapan modal intelektual. Penelitian ini menggunakan content analysis yang dipengaruhi subyektivitas peneliti. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan teknik lain seperti kuisioner yang langsung diberikan kepada perusahaan untuk mengatahui tingkat pengungkapan modal intelektual sehingga didapatkan data yang lebih objektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengungkapan Modal Intelektual, Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Pemerintah, Umur Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 13:32
Last Modified: 11 Sep 2021 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45999

Actions (login required)

View Item View Item