FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT PADA BANK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY


Siti Aminatun, NIM 7211416079 (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT PADA BANK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT PADA BANK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY] PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT PADA BANK SYARIAH DALAM PERSPEKTIF CROWE’S FRAUD PENTAGON THEORY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Fraudulent Financial Statement, External Pressure, Financial Target, Effective Monitoring, External Auditor Quality, Profit Sharing Ratio, Director’s Employee Welfare Ratio, Non Islamic Income Ratio, Change In Director, CEO Duality. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh external pressure, financial target, effective monitoring, external auditor quality, Profit Sharing Ratio, Director‟s Employee Welfare Ratio, Non Islamic Income Ratio, change in director, CEO duality terhadap fraudulent financial statement. Laporan keuangan merupakan alat penting bagi para stakeholders dalam pengambilan keputusan. Bank syariah sebagai entitas yag menjalankan kegian operassional berlandaskan prinsip syariah pada kenyataannya belum mampu terlepas dari risiko kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor fraudulent financial statement dala perspektif crowe‟s fraud pentagon theory pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian mengenai fraudulent financial statement telah banyak dilakukan, namun temuan yang dihasilkan masih beragam. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia pada tahun 2015-2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 62 unit analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi data panel dengan model penelitian Fixed Effect Model (FEM) menggunakan e-views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profit Sharing Ratio dan Non Islamic Income Ratio berpengaruh terhadadap fraudulent financial statement, sedangkan external pressure, financial target, effective monitoring, external auditor quality, Director‟s Employee Welfare Ratio, change in director, dan CEO duality tidak memiliki pengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Saran dalam penelitian ini, agar Bank Umum Syariah mengurangi transaksi yang berhubungan dengan bank konvensional untuk meminimalkan pendapatan non halal agar meminimalkan kecurangan laporan keuangan dan meningkatkan kepatuhan syariah. Kelemahan dari penelitian ini adalah terdapat variabel stabilitas keuangan dan variabel kepatuhan syariah yang belum diteliti. Objek penelitian selain Bank Umum Syariah bisa menggunakan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih akurat dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fraudulent Financial Statement, External Pressure, Financial Target, Effective Monitoring, External Auditor Quality, Profit Sharing Ratio, Director’s Employee Welfare Ratio, Non Islamic Income Ratio, Change In Director, CEO Duality.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 13:19
Last Modified: 11 Sep 2021 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45998

Actions (login required)

View Item View Item