FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI: PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH


Umar Dafi Rona Akhmad, NIM 7211416052 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI: PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI: PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI: PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : kecenderungan kecurangan akuntansi, peraturan akuntansi, sistem pengendalian internal, asimetri informasi, perilaku menyimpang, fraud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan kecurangan akuntansi yang terjadi di sektor instansi pemerintahan daerah. Variabel yang diteliti adalah ketaatan pada peraturan akuntansi, keefektifan sistem pengendalian internal, asimetri informasi, perilaku menyimpang dan kecenderungan kecurangan akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai organisasi perangkat daerah yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat. Metode pengambilan data yang digunakan adalah convenience sampling dengan alat pengambilan data kuesioner. Sampel yang diteliti berjumlah 113 responden dan diuji dengan metode analisis SEM menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa asimetri informasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Adapun ketaatan pada peraturan akuntansi dan keefektifan sistem pengendalian internal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, sedangkan perilaku menyimpang tidak dapat memoderasi hubungan pengaruhi ketaatan pada peraturan akuntansi, keefektifan sistem pengendalian internal dan asimetri informasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hanya asimetri informasi yang dapat mempengaruhi tingkat kecenderungan kecurangan akuntansi yang terjadi di sektor instansi pemerintahan daerah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan variabel dan indikator yang lebih variatif, melakukan pengambilan data dengan alat yang lebih representatif dan dengan objek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kecenderungan kecurangan akuntansi, peraturan akuntansi, sistem pengendalian internal, asimetri informasi, perilaku menyimpang, fraud.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 13:01
Last Modified: 11 Sep 2021 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45994

Actions (login required)

View Item View Item