PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KOMPENSASI EKSEKUTIF TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK


Maya Ayundari, NIM 7211416043 (2020) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN KOMPENSASI EKSEKUTIF TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416043 - Maya Ayundari.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Dewan Direksi, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kompensasi Eksekutif. Pajak memiliki peranan penting untuk pembangunan negara. Pemerintah sebagai pemungut pajak memungut pajak setinggi mungkin untuk memaksimalkan penerimaan dari sektor pajak. Perusahaan sebagai wajib pajak badan yang memiliki kontribusi besar dalam penerimaan pajak di tuntut patuh untuk membayar kewajibannya sebagai wajib pajak. Perbedaan kepentingan antara pemerintah dan perusahaan menyebabkan pihak perusahaan melakukan tindakan agresivitas pajak. Oleh karena itu, perlu diteliti faktor apa saja yang berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari dewan direksi, komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kompensasi eksekutif terhadap agresivitas pajak. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan, konstruksi dan real estate yang secara berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan sampel akhir dari penelitian ini adalah 14 perusahaan pertambangan, konstruksi dan real estate dengan 75 unit analisis. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan direksi dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak, kepemilikan institusional, komisaris independen dan kompensasi eksekutif tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Berdasarkan penelitian ini saran dari penulis, yaitu menambah data mekanisme corporate governance melalui pengukuran skor corporate governance index dan menggunakan proksi agresivitas pajak lainnya seperti cash ETR maupun book tax different (BTD) untuk mengukur agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Dewan Direksi, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kompensasi Eksekutif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 12:54
Last Modified: 11 Sep 2021 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45993

Actions (login required)

View Item View Item