PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER DAN LIPUTAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT


Siti Rahayu, NIM 7211416031 (2020) PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER DAN LIPUTAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER DAN LIPUTAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT] PDF (PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER DAN LIPUTAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Sustainability Report, Tekanan Stakeholder, Liputan Media Sustainability report merupakan alat untuk memenuhi kewajiban pelaporan aktivitas operasi perusahaan dalam tiga aspek yaitu aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sustainability report penting dilakukan dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran tekanan stakeholder dan liputan media terhadap pengungkapan sustainability report. Stakeholder dan media merupakan bagian terpenting dalam suatu perusahaan. Tanpa adanya stakeholder, maka perusahaan tidak dapat menjalankan aktivitas usahanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 189 perusahaan. Penelitian ini menggunakan periode pengamatan tahun 2015 – 2019. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 49 unit analisis. Pengumpulan data sampel menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa industri berorientasi karyawan dan industri dekat dengan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Sementara itu, industri berorientasi investor berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan sustainability report, sedangkan industri sensitif lingkungan dan liputan media tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability report,. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan pengungkapan keberlanjutan perusahaannya melalui sustainability report. Selain itu, perusahaan diharapkan mampu meningkatkan aktivitas sosial dan lingkungannya. Kemudian, untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel lainnya karena hasil yang diperoleh dalam penelitian ini masih rendah. Peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan pengukuran lain untuk mengukur variabel independen maupun dependennya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sustainability Report, Tekanan Stakeholder, Liputan Media
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 11:54
Last Modified: 11 Sep 2021 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45990

Actions (login required)

View Item View Item