PERAN LEVERAGE DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN


Muhammad Rifky Maulana, NIM 7211415147 (2021) PERAN LEVERAGE DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN LEVERAGE DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN] PDF (PERAN LEVERAGE DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan. Konservatisme akuntansi dianggap sebagai suatu reaksi yang menunjukan kehati-hatian dalam mengantisipasi ketidakpastian di masa mendatang. Penerapan konservatisme akuntansi harus sesuai dengan keadaan perusahaan, agar tidak terjadi masalah yang merugikan perusahaan di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh variabel independen kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, investment opportunity set, dan ukuran perusahaan terhadap variabel dependen konservatisme akuntansi serta peran leverage dalam memoderasi variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sejumlah 19 perusahaan dan unit analisis sejumlah 44. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang telah diaudit. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, investment opportunity set, dan ukuran perusahaan secara langsung tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Selain itu, leverage tidak mampu memoderasi pengaruh langsung kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap konservatisme akuntansi. Namun, leverage mampu memoderasi pengaruh investment opportunity set dan ukuran perusahaan terhadap konservatisme akuntansi. Perusahaan dan investor disarankan untuk lebih memperhatikan leverage perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian leverage mampu memoderasi pengaruh variabel independen IOS dan ukuran perusahaan dalam mempengaruhi konservatisme akuntansi. Hal ini dikarenakan dengan adanya tingkat leverage yang tinggi maka perusahaan akan lebih memperhatikan dan meningkatkan tingkat kehatia-hatian dalam menyajikan laporan keuangan perusahaan guna untuk mendapatkan kepercayaan pihak investor maupun kreditor. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan proksi lain untuk mengukur kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, investment opportunity set, dan ukuran perusahaan. Hal ini dikarenakan variabel-variabel tersebut tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi secara langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Investment Opportunity Set, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 11:33
Last Modified: 11 Sep 2021 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45985

Actions (login required)

View Item View Item