PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, KOMPETENSI AUDITOR, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGMENT


Edi Bangkit Yuni Lastyo, NIM 7211415104 (2021) PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, KOMPETENSI AUDITOR, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, KOMPETENSI AUDITOR, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGMENT] PDF (PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, KOMPETENSI AUDITOR, DAN PENGALAMAN AUDITOR TERHADAP AUDIT JUDGMENT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Audit Judgment, Time Budget Pressure, Kompetensi Auditor, Pengalaman Auditor. Seorang auditor harus independen dan memiliki sikap skeptisme profesional dalam melakukan proses audit hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas laporan audit agar dapat dipercaya. Independensi merupakan suatu sifat penting bagi seorang auditor dan merupakan suatu prinsip dasar auditor yaitu integritas dan objektivitas. Apabila seorang auditor melanggar prinsip dasar tersebut maka auditor telah gagal dalam melakukan proses audit serta tidak mampu menjaga kualitas audit agar dapat dipercaya oleh para pengguna laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh time budget pressure, kompetensi auditor, dan pengalaman auditor terhadap audit judgment. Populasi penelitian ini adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sejumlah 44 auditor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi linear berganda pada software IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa time budget pressure berpengaruh positif terhadap audit judgment. Kompetensi auditor berpengaruh positif terhadap audit judgment. Pengalaman auditor berpengaruh positif terhadap audit judgment. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Auditor di KAP Kota Semarang dalam memutuskan judgment dipengaruhi oleh time budget pressure. Namun, semakin tinggi tingkat tekanan justru membuat auditor semakin terpacu untuk memberikan judgment yang akurat. Auditor di KAP Kota Semarang dalam memutuskan judgment dipengaruhi oleh kompetensi auditor. Kualitas auditor yang kompeten, membuat judgment yang dikeluarkan semakin akurat. Auditor di KAP Kota Semarang dalam memutuskan judgment dipengaruhi oleh pengalaman auditor. Semakin berpengalaman, maka semakin akurat audit judgment yang dikeluarkan. Auditor di KAP Kota Semarang dalam mengeluarkan judgment dipengaruhi oleh time budget pressure, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki. Dengan tingginya time budget pressure tidak menurunkan kualitas judgment. Hal ini juga didukung oleh pengalaman yang dimiliki dan sudah kompeten dibidangnya. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel moderating agar dapat melihat apakah suatu audit judgment dapat dipengaruhi oleh faktor lain secara tidak langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Audit Judgment, Time Budget Pressure, Kompetensi Auditor, Pengalaman Auditor.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 10:49
Last Modified: 11 Sep 2021 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45983

Actions (login required)

View Item View Item