PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Nurdiah, 7211415001 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP SUSTAINABILITY REPORT DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Return On Asset, Earning Per Share, Leverage, Sustainability Report, Nilai Perusahaan. Perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap pemegang saham dan kesejahteraan pihak-pihak yang memiliki kepentingan di perusahaan tersebut. Perusahaan diharapkan tidak hanya mementingkan kepentingan manajemen dan pemilik modal (investor dan kreditor) tetapi juga karyawan, konsumen dan masyarakat. Oleh karena itu muncul penelitian mengenai kinerja keuangan yang diproksikan dengan Profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset dan Earning Per Share, Laverage yang diukur dengan Debt to Equity Ratio, serta nilai perusahaan sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 sampai 2018. Sejumlah 8 perusahaan dijadikan sebagai sampel dengan menggunakan teknik pengambilan data dokumenter. Data yang tersedia yaitu Laporan Keuangan dan Laporan Keberlanjutan yang bias diunduh di Website perusahaan atau Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan Return On Asset Nilai Perusahaan. Earning Per Share berpengaruh secara signifikan terhadap Sustainability Report melalui nilai perusahaan. Leverage berpengaruh secara signifikan terhadap Sustainbaility Report melalui nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan peneliti dapat memberikan gambaran perusahaan yang memperhatikan pengungkapan Sustainability Report sehingga sehingga dapat membantu investor untuk mengambil keputusan investasi. Sebaiknya melakukan penelitian dengan menggunakan jumlah sampel yang lebih besar dan periode penelitian yang lebih lama sehingga akan membuat hasil penelitian menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Return On Asset, Earning Per Share, Leverage, Sustainability Report, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 10:33
Last Modified: 11 Sep 2021 10:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45981

Actions (login required)

View Item View Item