PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON


IFA FATMAWATI, NIM 7211413226 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pengungkapan Emisi Karbon, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Governance Perubahan iklim yang diakibatkan oleh pemanasan global saat ini menjadi isu yang banyak diperbincangkan di berbagai negara. Isu yang berkembang saat ini pada umumya berkaitan dengan dengan aktivitas perusahaan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung berdampak meningkatnya suhu di bumi secara global yang sering disebut global warming. Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara yang memproduksi gas emisi terbesar di dunia. 37 persen efek rumah kaca di Indonesia berasal dari penggundulan hutan. Sebanyak 840 hektar lahan hutan telah ditebang pada 2012. Penggundulan hutan tersebut dilakukan dengan cara pembakaran dimana turut menyumbangkan gas C02 dalam skala yang cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan mekanisme corporate governance terhadap pengungkapan emisi karbon. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama 2012-2015. Hasil diperoleh sejumlah 40 perusahaan dengan total 160 unit analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis menggunakan regresi data panel dengan program Eviews 9. Hasil penelitian memberikan bukti empiris bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh positif terhadap pengungangkapan emisi karbon. Sementara itu, proporsi dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon. Simpulan dari penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan institusional mampu mendorong perusahaan untuk melakukan pengungkapan emisi karbon. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan sampel yang berbeda seperti perusahaaan disektor industri, sektor pertambangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengungkapan Emisi Karbon, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Corporate Governance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 02:29
Last Modified: 11 Sep 2021 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45978

Actions (login required)

View Item View Item