PENGARUH FEE AUDIT UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) ROTASI AUDIT (AUDITOR SWITCHING) PADA KUALITAS AUDIT


Ratih Saraswati, NIM 7211413205 (2020) PENGARUH FEE AUDIT UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) ROTASI AUDIT (AUDITOR SWITCHING) PADA KUALITAS AUDIT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FEE AUDIT UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) ROTASI AUDIT (AUDITOR SWITCHING) PADA KUALITAS AUDIT] PDF (PENGARUH FEE AUDIT UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) ROTASI AUDIT (AUDITOR SWITCHING) PADA KUALITAS AUDIT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Fee Audit, Ukuran KAP, Rotasi Audit, Kualitas Audit. Kualitas audit adalah kemampuan auditor dalam menemukan salah saji material dalam laporan keuangan dan melaporkannya. Dalam penilitian ini kualitas audit dinilai berdasarkan tingkat diskresional akrual perusahaan sebagai penilaian manajemen laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fee audit, ukuran KAP, rotasi audit terhadap kualitas audit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi (consumer goods industry) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017 - 2019 yang terdiri dari 58 peusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan dan menghasilkan 25 perusahaan sampel. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah fee audit, ukuran KAP dan rotasi audit. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas audit. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari fee audit terhadap kualitas audit, terdapat pengaruh signifikan negatif dari ukuran KAP terhadap kualitas audit, dan rotasi audit berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas audit. Saran yang dapat peneliti berikan kepada perusahaan agar melakukan rotasi audit sesuai regulasi sehingga tidak mengganggu hubungan profesional antara auditor dan perusahaan klien, sehingga tidak terjadi hubungan kesalingtergantungan yang dapat merusak penilaian objektif yang dibutuhkan selama proses audit. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat mengukur kualitas audit dengan proksi lain seperti tingkat auditor mengeluarkan opini going concern atau dengan reputasi auditor, selain itu ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) dapat diproksikan menjadi proksi yang lebih luas seperti KAP Lokal, KAP Nasional, dan KAP Internasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fee Audit, Ukuran KAP, Rotasi Audit, Kualitas Audit.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 02:26
Last Modified: 11 Sep 2021 02:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45977

Actions (login required)

View Item View Item