PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN, RISIKO, DAN PROFITABILITAS TERHADAP SET KESEMPATAN INVESTASI


Chintya Meisna Putri, 7211413176 (2020) PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN, RISIKO, DAN PROFITABILITAS TERHADAP SET KESEMPATAN INVESTASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN, RISIKO, DAN PROFITABILITAS TERHADAP SET KESEMPATAN INVESTASI] PDF (PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN, RISIKO, DAN PROFITABILITAS TERHADAP SET KESEMPATAN INVESTASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: kebijakan hutang, kebijakan dividen, resiko, set kesempatan investasi Investasi adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk mendapatkan sumber pendanaan. Keputusan investasi pada dasarnya menyangkut masalah pengelolaan dana dalam suatu periode waktu tertentu, dimana investor berharap memperoleh pendapatan (return) atas dana yang diinvestasikan selama periode tersebut. Sebelum mengambil keputusan investasi, investor perlu melakukan analisa cermat terkait hasil maksimal yang diharapkan dengan risiko seminimal mungkin. Keuntungan investasi sangat bergantung pada banyak hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan hutang, kebijakan dividen, resiko, dan profitabilitas terhadap set kesempatan investasi pada di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam BEI tahun 2012-2015. Data yang diteliti meliputi pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sebanyak 155 unit sampel. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, uji regresi berganda, dan uji asumsi klasik. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah software SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini adalah jika dilihat dari hasil uji F, F hitung sebesar 10,023 lebih besar dari F tabel yaitu 2,66. Nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari signifikansi alpha (0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan hutang, kebijakan dividen, resiko dan profitabilitas secara bersama – sama berpengaruh terhadap set kesempatan investasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hanya terdapat 1 variabel independen yang digunakan yang memiliki pengaruh terhadap set kesempatan investasi (IOS). Variabel tersebut adalah variabel resiko. Sedangkan terdapat 3 variabel independen yang tidak memiliki pengaruh atau berpengaruh negatif terhadap set kesempatan investasi (IOS), yaitu kebijakan hutang, kebijakan dividen, dan profitabilitas. Namun, secara bersama – sama penelitian ini memberikan hasil bahwa kebijakan hutang, resiko, kebijakan dividen, dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap set kesempatan investasi (IOS).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kebijakan hutang, kebijakan dividen, resiko, set kesempatan investasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 02:23
Last Modified: 11 Sep 2021 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45976

Actions (login required)

View Item View Item