PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DI INDONESIA


Yoga Prasetiadi, 7111416143 (2021) PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DI INDONESIA] PDF (PENGARUH PENANAMAN MODAL ASING TERHADAP PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI DI INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, Crowding Out, Crowding In, VECM. Penanaman modal asing (PMA) menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan di Indonesia. Dampak positif PMA terhadap suatu perekonomian dapat dikatakan secara vertikal, namun dampak yang tidak kalah penting untuk dijelaskan adalah dampak secara horisontal yaitu PMA terhadap penanaman modal dalam negeri (PMDN). Dampak secara horisontal tersebut yaitu crowding-in dan crowding-out. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak yang ditimbulkan PMA terhadap PMDN di Indonesia pada periode 2010 – 2019. Penelitian ini memasukkan variabel dummy yaitu strucktural break down untuk memproksikan stabilitas politik akibat adanya pergantian presiden yang secara langsung akan mempengaruhi kebijakan yang berlaku. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis vector error correction model (VECM) dengan menggunakan data time series. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa antara PMA, PMDN, PDB, dan structural break down mempunyai hubungan kointegrasi dalam jangka panjang. PMA berpengaruh positif signifikan terhadap PMDN dalam jangka panjang, dan juga dalam jangka pendek. PDB berpengaruh negatif signifikan dalam jangka panjang, dan dalam jangka pendek. Structural break down berpengaruh positif tidak signifikan dalam jangka pendek. PMA yang berpengaruh positif signifikan terhadap PMDN dalam jangka panjang menunjukan adanya dampak crowding-in PMA terhadap PMDN. Meskipun pengaruhnya kecil, namun diharapkan dengan adanya penelitian ini Pemerintah membuat kebijakan yang mampu mengarahkan PMA yang baru untuk mengisi sektor yang belum terdapat investor domestik untuk mengurangi persaingan secara langsung dengan perusahaan domestik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, Crowding Out, Crowding In, VECM.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 02:12
Last Modified: 11 Sep 2021 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45973

Actions (login required)

View Item View Item