ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SENYAWA FLAVONOID DALAM DAUN BAKAU (Avicennia marina)


Asyifa Sapni, 4311416023 (2020) ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SENYAWA FLAVONOID DALAM DAUN BAKAU (Avicennia marina). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SENYAWA FLAVONOID DALAM DAUN BAKAU (Avicennia marina)] PDF (ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SENYAWA FLAVONOID DALAM DAUN BAKAU (Avicennia marina)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Senyawa flavonoid terdapat pada semua bagian tumbuhan seperti bunga, daun, buah, kayu, akar, biji, dan kulit kayu. Senyawa flavonoid adalah senyawa polifenol yang mempunyai 15 atom karbon yang tersusun dalam konfigurasi C6-C3-C6, flavonoid memiliki potensi sebagai antioksidan dan mempunyai bioaktivitas sebagai obat. Beberapa manfaat flavonoid antara lain untuk melindungi struktur sel, antiinflamasi, mencegah keropos tulang dan antibiotik. Pada penelitian ini melakukan isolasi senyawa flavonoid dari daun bakau (Avicennia marina) kadar flavonoid dari daun bakau dan uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH (1,1 difenil-2-pikrilhidrazil). Ekstraksi senyawa dilakukan dengan maserasi. Sedangkan untuk identifikasi senyawa menggunakan UV-Vis, KLT, Kromatografi Kolom,dan Gas Chromatography. Terdapat senyawa flavonoid dengan aktivitas antioksidan yang kuat dalam fraksi daun bakau yang dibuktikan dengan nilai IC50 dari hasil fraksi ekstrak daun bakau dengan pelarut etil asetat adalah 53,2108 ppm dalam pengukuran menggunakan radikal bebas DPPH. Hasil uji fitokimia dengan wilstater dan NaOH 10% menunjukkan hasil positif mengandung flavonoid dan ketika dilakukan uji dengan KLT menunjukkan hasil dengan nilai Rf yang mendekati nilai Rf dari kuersetin yaitu 0,8 cm dan 0,805 cm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flavonoid, Daun Bakau (Avicennia marina), Antioksidan.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 11 Sep 2021 01:46
Last Modified: 11 Sep 2021 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45971

Actions (login required)

View Item View Item