ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PIHAK KETIGA PERBANKAN


Intan Ayu Yuniana, 7111416129 (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PIHAK KETIGA PERBANKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PIHAK KETIGA PERBANKAN] PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PIHAK KETIGA PERBANKAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga, Inflasi, Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, Tingkat Suku Bunga Dana Pihak Ketiga yang dihimpun oleh perbankan dapat berpengaruh terhadap operasional perbankan. Dana yang dihimpun oleh perbankan digunakan dalam menjalankan operasional perbankan serta disalurkan perbankan dalam bentuk kredit. Sehingga perbankan perlu memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi perbankan sendiri dan mempengaruhi masyarakat dalam menghimpun dana mereka kepada perbankan. Dana pihak ketiga yang menurun mempengaruhi kinerja perbankan, seperti penyaluran kredit kepada masyarakat. Dalam penghimpunan Dana Pihak Ketiga terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jumlah Dana Pihak Ketiga yang dihimpun oleh perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor berupa inflasi, nilai tukar, produk domestik bruto dan suku bunga simpanan berjangka yang dapat mempengaruhi dana pihak ketiga pada perbankan umum di Indonesia pada periode 2010-2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu inflasi, nilai tukar, produk domestik bruto dan tingkat suku bunga simpanan berjangka. Data yang digunakan berasal dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Badan Pusat Statistik dengan kurun waktu antara 2010-2019 pada perbankan umum di Indonesia. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi, nilai tukar , produk domestik bruto dan tingkat suku bunga simpanan berjangka berpengaruh terhadap dan pihak ketiga. Inflasi, nilai tukar serta produk domestik bruto berpengaruh positif terhadap Dana Pihak Ketiga. Sedangkan variabel tingkat suku bunga simpanan berjangka berpengaruh negatif terhadap Dana Pihak Ketiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga, Inflasi, Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, Tingkat Suku Bunga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 11 Sep 2021 01:34
Last Modified: 11 Sep 2021 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45967

Actions (login required)

View Item View Item