i DETERMINAN PERMINTAAN PARIWISATA INDONESIA DARI WISATAWAN MANCANEGARA INTRA-ASEAN TAHUN 2011-2018


Ania Konitun, NIM 7111416116 (2020) i DETERMINAN PERMINTAAN PARIWISATA INDONESIA DARI WISATAWAN MANCANEGARA INTRA-ASEAN TAHUN 2011-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of i DETERMINAN PERMINTAAN PARIWISATA INDONESIA DARI WISATAWAN MANCANEGARA INTRA-ASEAN TAHUN 2011-2018] PDF (i DETERMINAN PERMINTAAN PARIWISATA INDONESIA DARI WISATAWAN MANCANEGARA INTRA-ASEAN TAHUN 2011-2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Permintaan Pariwisata, Wisatawan Intra-ASEAN, Data Panel Sektor pariwisata telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional. Kekayaan sumber daya alam dan budaya yang dimiliki Indonesia sudah semestinya menjadi potensi untuk mengembangkan sektor ini. Namun perkembangan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara intra-ASEAN yang menjadi pasar utama pariwisata Indonesia pertumbuhannya berfluktuasi. Selain itu peringkat daya saing pariwisata Indonesia belum mencapai target pemerintah. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pariwisata Indonesia dari wisatawan mancanegara intra-ASEAN tahun 2011-2018 menggunakan regresi data panel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel yang terdiri dari data silang sebanyak sembilan negara ASEAN dan data runtut waktu dari tahun 2011 sampai 2018. Variabel yang digunakan permintaan pariwisata sebagai variabel dependen dan pendapatan per kapita, harga pariwisata, jumlah penduduk, rata-rata lama sekolah, biaya transportasi, serta kebijakan ASEAN Open Sky sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendapatan per kapita dan jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan pariwisata Indonesia. Biaya transportasi dan kebijakan ASEAN Open Sky berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan pariwisata Indonesia. Sedangkan variabel harga pariwisata dan rata-rata lama sekolah tidak berpengaruh terhadap permintaan pariwisata Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu: (1) Pemerintah perlu memfokuskan atau mengutamakan promosi pariwisata ke negara berpendapatan tinggi dengan menawarkan pariwisata eksklusif. (2) Menjaga stabilitas perekonomian Indonesia agar daya saing harga tetap terjaga. (3) Melakukan strategi segmentasi pasar untuk mengetahui informasi mengenai karakteristik wisata yang dibutuhkan dan diinginkan serta melakukan promosi pariwisata murah untuk menarik wisatawan di negara dengan jumlah penduduk yang tinggi. (4) Strategi pemasaran harus fokus berdasarkan profil kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia selain pendidikan. (5) Membangun kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk membuat paket wisata ekonomis dengan tarif penerbangan yang rendah. (6) Mengkaji ulang kebijakan yang sudah diterapkan dan melakukan perubahan strategi seperti yang dilakukan negara lain yaitu memperbanyak bandara untuk diterapkan kebijakan ASEAN Open Sky.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Permintaan Pariwisata, Wisatawan Intra-ASEAN, Data Panel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:06
Last Modified: 10 Sep 2021 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45962

Actions (login required)

View Item View Item