DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP ADAPTASI PETANI DAN PRODUKTIVITAS TEMBAKAU DI KABUPATEN TEMANGGUNG


NISA SABTININGTIAS, 7111416101 (2020) DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP ADAPTASI PETANI DAN PRODUKTIVITAS TEMBAKAU DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP ADAPTASI PETANI DAN PRODUKTIVITAS TEMBAKAU DI KABUPATEN TEMANGGUNG] PDF (DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP ADAPTASI PETANI DAN PRODUKTIVITAS TEMBAKAU DI KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Tembakau, Perubahan Iklim, Strategi Adaptasi Kabupaten Temanggung merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbesar di Provinsi Jawa Tengah. Perubahan iklim khususnya yang menyebabkan peningkatan curah hujan menjadi suatu masalah bagi keberlangsungan budidaya tanaman tembakau di wilayah Kabupaten Temanggung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak perubahan iklim terhadap produktivitas tembakau serta bagaimana petani tembakau menyikapi perubahan iklim yang terjadi. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dengan petani tembakau sebagai respondennya. Analisis data yang digunakan untuk melihat perbedaan produktivitas tembakau adalah statistik deskriptif, sedangakan untuk melihat faktor yang berpengaruh terhadap adaptasi petani terhadap perubahan iklim menggunakan regresi logistik dengan softwere SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan iklim terutama yang meningkatkan curah hujan pada musim tembakau berdampak pada menurunnya produktivitas tembakau di Kabupaten Temanggung. Dalam menyikapi perubahan iklim para petani tembakau di Kabupaten Temanggung melakukan tindakan adaptasi agar dapat meminimalkan resiko gagal panen. Variabel yang memengaruhi petani dalam melakukan adaptasi adalah variabel lama bertani dan variabel lokasi. Sedangkan variabel usia, pendidikan terakhir petani, pemahaman petani mengenai perubahan iklim serta luas lahan yang digunakan petani untuk budidaya tembakau tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan petani untuk melakukan adaptasi. Saran terkait penelitian ini adalah perlu adanya penyebaran informasi mengenai perubahan iklim yang merata baik itu secara bottom up maupun top down sehingga resiko akibat perubahan iklim dapat diperkecil. Selain itu, pada penelitain selanjutnya diharapkan menambahkan variabel pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tembakau, Perubahan Iklim, Strategi Adaptasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:55
Last Modified: 10 Sep 2021 05:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45959

Actions (login required)

View Item View Item